Tuesday, July 10, 2012

Tips Membuka Kartu Memori Yang Terkunci




Ada kalanya Anda perlu merestart ponsel. Seperti saat selesai mengupdate firmware, saat ponsel mengalami hang, atau saat pembersihan virus. Namun kadang-kadang pada saat hendak mengunakan kembali, kartu memorinya telah terkunci oleh password. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?

Cara 1
- Dengan menggunakan Fexplorer, temukan file bernama unlockMMC.app di folder z:\ system\app\
- Jalankan file aplikasi tersebut, kemudian masukkan password baru semisal "12345" Dengan menggunakan fitur memori bawaan ponsel, masuklah ke kartu memori Anda
- Masukkan password yang telah Anda buat saat diminta.
- Jika cara ini tidak berhasil atau file unlockMMC tidak ditemukan, silakan menggunakan cara berikutnya


Cara 2
Setiap kali Anda mempassword kartu memori, ponsel akan secara otomatis membuat sebuah file yang akan menyimpan password Anda dengan nama mmcstore (sama dengan Symbian S60v1 dan v2). Silakan gunakan aplikasi file explorer pihak ketiga atau menggunakan explorer bawaan ponsel dengan mengaktifkan terlebih dahulu fitur untuk melihat hidden file (file tersembunyi)
Langkah selanjutnya sama dengan langkah untuk S60 edisi 1 dan 2, atau jika Anda kesulitan bisa mengikuti langkah berikut:
- Kopikan file mmcstore ke komputer, kemudian ubah ekstensi filenya ke .txt (hingga menjadi mmcstore.txt)
- Bukalah dengan menggunakan aplikasi notepad.
- Nah, Anda akan dapat melihat password kartu memori yang terkunci

Cara 3
Cara ini dilakukan jika cara pertama dan kedua tidak mendatangkan hasil. Lebih lanjut, Anda memerlukan aplikasi pembuka password seperti MMCPWD. Setelah terinstal, jalankan aplikasi tersebut, kemudian pilih menu restore, maka Anda akan melihat password untuk membuka memori yang terkunci.

Jika ketiga cara tersebut tak juga berhasil, maka langkah memformat kartu memori adalah pilihan paling akhir. Jangan memformat kartu memori di komputer karena akan menghasilkan format partisi yang berbeda dan kadang tidak kompatibel dengan ponsel. Gunakan fasititas format bawaan ponsel. Tentu saja, Anda akan kehilangan semua data.

No comments:

Post a Comment