Thursday, July 26, 2012

Pindahkan Aplikasi dari Memori Internal ke SD Card




Tak bisa dipungkiri, daya tarik orang untuk menggunakan hape Android dikarenakan adanya toko aplikasi ‘raksasa’ besutan Google, yakni Android Market, atau yang kini telah berganti nama jadi Google Play. Dengan koleksi 500 ribu aplikasi, dimana 60 persennya adalah gratisan, Google Play pastinya sangat memikat bagi pecinta aplikasi gratisan di Tanah Air. Ditambah lagi, tata cara unduh aplikasi sangat mudah, bahkan bisa sudah bosan dengan suatu aplikasi, prosedur uninstall pun teramat mudah. 

Saking mudahnya unduh dan install aplikasi/game di Android, tak jarang pengguna kurang memperhatikan kapasitas memori internal, pasalnya bila memori internal kepenuhan, bisa berdampak pada kinerja hape. Seperti diketahui bahwa di Android, saat menginstall aplikasi atau game secara default akan masuk ke memori telepon, meski ada beberapa game/aplikasi yang memang terinstal langsung ke SD Card. 

Nah, supaya memori internal tidak terlalu terbebani, dan kapasitas MicroSD dapat dioptimalkan, maka sebaiknya pindahkan aplikasi/game dari memori internal (telepon) ke Kartu Memori atau SD Card

1. Pertama dari homescreen masuk ke menu Setting – Application, seperti di bawah ini.

  
 
2. Klik pada bagian Manage Application. Selanjutnya pilih salah satu aplikasi dari daftar aplikasi yang sudah terinstall. Semisal kita akan memindahkan game Greed Crop dari memori internal ke SD Card, maka klik pada simbol Greed Corp.

  

3. Untuk mulai memindahkan game dari memori internal ke SD Card tinggal klik Move to SD Card.

  

4. Sebaliknya Untuk memindahkan aplikasi atau game dari SD Card ke memori internal, Anda tinggal klik Move to Phone.

  


Semoga bermanfaat ....

No comments:

Post a Comment