Thursday, July 26, 2012

Hindari Memori Penuh Akibat Foto Spam di BBM Groups



Meski awalnya menarik untuk seru-seruan, tapi lama kelamaan tak sedikit para pengguna BlackBerry Messenger yang jengah pada BlackBerry Groups. Seiring meluasnya pergaulan Anda, jumlah BBM Group pun terus bertambah, dan tiap member di dalamnya cenderung  terus meningkat mendekati angka maksimum 30 user per grup. 

Beragamnya kepetingan dan pengetahuan antar member dalam BBM group tentu memberi warna tersendiri. Semisal pada komunitas teman sekantor, komunitas hobi, dan komunitas alumni sekolah. Tapi tak jarang, karena perbedaan orientasi, foto-foto yang di posting jadi agak lebay (berlebihan), dimana foto-foto yang tak ada sangkut pautnya dengan komunitas dengan seenaknya di posting. Boleh jadi awalnya tak jadi masalah, tapi tak bisa dipungkiri wadah BBM groups kini banyak menjelma sebagai ladang posting foto-foto barang dagangan.

Secara default (settingan standar), handphone BlackBerry yang Anda beli memang sudah mengatur auto save untuk setiap postingan foto di group ke dalam kartu memori. Boleh jadi kapasitas memori yang Anda gunakan cukup memadai, tapi akibatnya koleksi all picture album di hape jadi membengkak, tak sadar ternyata ada ratusan foto yang ‘nggak penting’ ada di album. Dan tidak seperti hape Android atau Symbian, kekurangan BlackBerry tidak memiliki tools ‘select/select all’ untuk menghapus foto pada album. Alhasil seperti banyak dikeluhkan orang, cukup lelah untuk menghapus foto di album BlackBerry, karena harus satu-satu di delete. 

Nah, ibarat sedia payung sebelum hujan, atau bagi yang sudah kapok kebanjiran foto spam, kini silahkan ikuti tips yang sederhana tapi mujarab

1. Buka BBM Group Anda.

 

2. Buka Group Activities > Picture > Picture options.

  
 

3. Disinilah letak kuncinya, ubah save pictures dari media card ke off.

 

4. Lakukan prosedur ini untuk group-group dalam BBM yang kerap berisi postingan foto kurang bermutu. 

  


Semoga bermanfaat
 

No comments:

Post a Comment