Thursday, July 26, 2012

Atasi Sinyal SOS di BlackBerry



Bagi Anda pengguna layanan BlackBery pastinya hafal dengan indikator sinyal yang tertera pada sisi kanan atas layar. Pada sisi kanan atas layar, selain ada ikon bar kekuatan sinyal, juga terdapat indikator jenis jaringan, yakni GPRS/EDGE atau 3G. Tapi dilain waktu, indikator jaringan bisa  berubah, yang tadinya berupa huruf besar (kapital), jadi huruf kecil, seperti gprs/edge dan 3g. Bahkan, tak jarang di tempat-tempat tertentu indikator berubah jadi SOS.


Indikator berupa huruf kapital menandakan layanan BB siap digunakan sesuai paket yang dipilih. Sebaliknya indikator huruf kecil menunjukkan layanan BB tak bisa digunakan, tapi Anda masih dapat melakukan fungsi telefoni dan SMS. Lain halnya dengan SOS, inilah indikator yang paling menyebalkan, pasalnya bila SOS muncul, Anda tak bisa menggunakan layanan apa pun yang terkait dengan koneksi operator. 

SOS tak selalu muncul di lokasi pinggir kota atau di pedalaman. Nyatanya di tengah kota pun SOS bisa saja muncul akibat coverage 2G/3G operator yang kurang merata. Nah, bila SOS muncul tak perlu panik, mengatasinya bisa dengan lakukan soft reset atau restart BB Anda. Bila tak mempan juga lakukan diagnostics test dengan host routing table.

Berikut langkah-langkahnya.




1.    Masuk ke menu Options > Advanced Options.



2.    Pilih host routing table.



3.   Pilih ID yang identitas baris tebal, lalu tekan menu (tombol BB), kemudian pilih register now. Cara 1, 2, dan 3 digunakan untuk mem-PING server BB setelah dilakukan pendaftaran layanan.



4.    Masuk ke menu Options > Mobile network.


5.    Tekan tombol BB, dan pilih diagnostics test.



6.   Tekan run hingga proses maintenance selesai, cara 4, 5 dan 6 digunakan untuk ‘menyegarkan’ koneksi BB Anda yang terasa lambat.




Semoga bermanfaat ...

No comments:

Post a Comment