Tuesday, December 11, 2012

Ear Accupunture (Akupunktur Telinga)




Dalam 20 tahun terakhir ini dalam ilmu akupunktur-moksibasi telah berkembang berbagai jenis spesialisasi, dimana bagian tubuh tertentu menjadi daerah didapatinya titik-titik akupunktur yang dapat mempengaruhi bagian-bagian tubuh dan organ-organ tubuh, serta berkhasiat dalam pemcegahan penyakit, penegakan diagnosa, terapi dan analgetik.Akupunktur telinga (Auriculotherapy) adalah metode akupunktur yang menggunakan tusukan pada titik-titik yang ada pada telinga. Dari hasil riset masing-masing maka terbentuklah dua aliran dalam akupunktur telinga yaitu, aliaran RRC dan aliran Perancis yang dipelopori oleh NOGIER.

Sebetulnya Auriculotherapy itu adalah metode tradisional yang sudah dikenal pada jaman purbakala dan bukan hanya di Cina. Buku kuno " Hwang Ti Nei Ching Su Wen" lebih dari dua ribu tahun yang lalu mencantumkan titik-titik akupunktur yang terletak ditelinga itu. Juga orang Mesir kuno melalui peninggalan Farao mempraktikkan Cauterisatie ditelinga untuk mengatasi gangguan-gangguan seksuil seperti impotentia dan atau frigiditas seperti halnya orang Hindu, India kuno, mengobati ambien dengan membakar daerah spesifik ditelinga.

Mengobati pelbagai penyakit dengan menusuk telinga sudah lama sekali dikenal diIndia. Orang India kuno mempergunkan baik akupunktur badan (Corporotherapy) maupun akupunktur telinga (Auriculotherapy) beribu-ribu tahun lebih dulu dari pada orang Cina, sehingga dengan demikian akupunktur itu sebenarnya bukanlah berasal dari Cina, akan tetapi dari India.

Di Cina metode ini berkembang pesat sejak tahun 1956 sesudahnya revolusi kebudayaan oleh Mao Tse Tsung. Auriculotherapy dapat berkembang dan mencapai tingkat ilmiah yang tinggi berkat hasil-hasil penyelidikan Dr. P.F.M. NOGIER di Lyon Perancis. Sistem tusukan menurut Nogier agak berlainan daripada yang dipergunkan di Cina. Menurut Nogier telinga itu posisinya identik dengan posisi sebuah foet atau embrio dalam rahim. Penemuan ini cukuplah spektakuler karena memudahkan Topografia Auricular sehubungan dengan pembagian subtil dari titik-titik di daerah yang sangat kecil.

Mengenal lebih dekat Ear Accupunture

Apabila ditelisik lebih dalam, Akupuntur telinga sebenarnya masuk ke sub bagian ilmu akupuntur yang lebih besar. HAnya saja memang banyak ahli yang menspesifikan kajian keilmuannya ke unit-unit micro tubuh sehingga dikenal sebagai akupuntur micro, atau micro akupuntur. Salah satu jenis micro akupuntur adalah Ear Accupunture yang menspesialisasi kajian akupuntur fokus pada organ telinga.

Uniknya, masing-masing disiplin ilmu microakupuntur memiliki disiplin keilmuan yang lebih mendasar lagi. Katakanlah secara sederhana sebenarnya ilmu akupuntur secara makropun terbagi dua, akupuntur tradisional maupun akupuntur medik. Menurut sepemahaman saya, Ear Accupunture ikut pada pembagian akupuntur medik dimana jarang menjumpai pada dunia akupuntur medik istilah tonasi [kaidah penguatan] maupun sedasi [pelemahan/ pengurangan].

Fokus Ear Accupunture adalah pada mekanisme kinerja organ dalam dunia medis barat. Misal ketemu orang sakit apa, langsung di cari titik organnya, dan di berikan treatment sesuai kebutuhan. Atau bisa di kombinasikan dengan titik kelenjar yang berkaitan dengannya. Namun bila dikombinasikan sampai pada tahap penggunaan analisa sindrom, pasti insyallah kinerjanya lebih baik.


Ear Accupunture point (titik-titik akupuntur telinga)



Penggunaan praktis titik akupuntur telinga dalam keseharian

Kalaulah kita harus belajar akupuntur terlebih dahulu sebelum memanfaatkan akupuntur telinga demi menjaga kesehatan kita, jelas terlalu memakan waktu. Lalau bagaimana kita bisa menggunakan ilmu akupuntur telinga dengan lebih sederhana? Jawabannya: Mudah saja, kita biasakan memijat-mijat selurh bagian telinga pada setiap hari sewaktu kita sempat. Kita pijat seluru bagian telinga kita mulai dari seluruh area tepi bagian luar sampai ke area terdalam yang ditunjukkan oleh titik Ear Accupunture 24, 35, 17, 36 pada gambar di atas. Kalau kesulitan menggunakan jari, bisa menggunakan batang korek api atau sesuatu lain yang penting tidak menyebabkan luka pada telinga kita saat kita menekan-nekannya.

Alternative lainnya, kita pahami fungsi titik-titik diatas. Misalnya area nomor 13 titik shen Men, alias titik relax. Sebagaimana yang pernah saya baca, sebenarnya titik Shen Men berkaitan dengan kinerja jantung. Alias titik penenang jantung. Akupuntur menyatakan bahwa jiwa manusia dikuasai oleh organ jantung. Maka ketika seseorang gelisah hatinya, sulit tidur, dada berdebar-debar, salah satu titik yang menjadi favorite buat diterapi adalah titik Shen Men yakni agar jantungnya tenang sehingga dia bisa tidur nyenyak.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment