Friday, July 13, 2012

Cara Memilih Modem GSM Dan CDMA Murah Tapi Handal




Begitu banyaknyamerk dan type Modem baik GSM dan CDMA ternyata mengharuskan kita untuk jeli dalam memilih modem yang murah namun handal. Modem merupakan salah satu media untuk koneksi internet paling mobiling karena tidak ribet urusi kabel telepon.

Langsung aja, berikut cara atau tips memilih modem GSM dan CDMA murah namun handal :
1. Tentukan tipe koneksi terbaik didaerah anda.

Dalam memilih koneksi internet, mengetahui tipe koneksi internet apa yang terbaik di tempat anda sangatlah penting. Bayangkan jika di tempat andakoneksi internet mobile dengan HP atau Modem terbaik nya adalah menggunakan jaringan CDMA / EVDO, namun modem yang anda miliki adalah modem GSM  dengan jaringan 3G dan HSDPA. Tentunya anda akan menyesal telah membeli modem GSM tersebut. Begitupun sebaliknya..

Bagaimana mengetahui cara tipe koneksi terbaik di tempat tinggal anda ?
Cara mudah nya adalah dengan meminjam modem atau HP rekan anda yang berupa modem GSM 3G / HSDPA dan CDMA / EVDO. Atau kalau anda sudah punya HP yang mendukung 3G dan HSDPA atau HP CDMA itu lebih sip karena tidak perlu meminjam. Namun apa gunanya saya memberikan Cara Memilih Modem GSM dan CDMA Murah Tapi Handal kalau anda sudah punya HP yang mendukung signal internet tersebut ? LOL…

Selajutnya anda lakukan pengujian dengan berbagai provider penyedia internet, contoh nya untuk cara menguji internet unlimited dari indosat gunakan paket internet dari kartu im3 atau mentari dan uji coba beberapa jam untuk mengetahui kualitas nya. Dengan begitu anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk melakukan pengujian karena anda cukup membeli paket internet based time yang anda bayar per jam.

Bagaimana bila tidak ada modem GSM 3G / HSDPA maupun CDMA / EVDO ?
Beberapa dari anda pasti akan terkendala akan hal ini, namun ada solusi nya yaitu manfaatkan internet dengan bertanya pada orang – orang yang bertempat tinggal di sekitar anda melalui forum – forum mengenai tipe koneksi yang mereka gunakan, nama provider yang mereka gunakan dan kualitas nya.

2. Cari informasi modem terbaik di jaringan tersebut

Bila informasi pada point 1 sudah anda lakukan tentu nya kini anda sudah tau harus menggunakan koneksi internet tipe apa dan menggunakan provider apa. Misal nya anda mendapatkan hasil bahwa ternyata koneksi internet CDMA / EVDO lah yang terbaik di daerah tempat tinggal anda dengan menggunakan provider dari Smart. Maka cari lah modem CDMA / EVDO. Selalu usahakan agar modem anda tidak LOCKED oleh operator, dengan begitu bila koneksi anda suatu saat bermasalah anda tetap dapat menggunakan modem anda untuk provider yang lain nya.

PENTING BAGI ANDA ! Jangan melihat sebuah modem dari harga nya namun cek berdasarkan kualitas nya. Hal ini dapat anda lakukan dengan bertanya pada orang lain mengenai kualitas modem tersebut seperti bagaimana kemampuan menangkap sinyal nya, apakah cepat panas atau tidak dan lain nya. cara memilih modem internet yang berkualitas yang tepat adalah modal utama untuk mendapatkan koneksi internet berkecapatan tinggi

3. Cari penjual modem terbaik

Bila anda sudah mendapatkan informasi mengenai jenis modem, tipe koneksi internet dan provider terbaik untuk daerah anda, ini saat nya untuk berburu modem di penjual yang tepat agar anda tidak dirugikan. Hal ini amat sangat penting bila anda membeli sebuah modem dari penjual modem melalui internet.

Nah, dengan memilih modem GSM dan CDMA yang baik maka koneksi internet kita akan menjadi kegiatan yang mengasyikkan karena tidak perlu menunggu terlalu lama untuk loading meskipun hanya satu halaman.

No comments:

Post a Comment