Friday, July 26, 2013

Jangan Tunggu Masalah Makin Rumit




Di sebuah pabrik kapas tergantung sebuah papan besar yang bertuliskan "Jika benang Anda kusut datanglah kepada mandor". Suatu kali terjadilah kesulitan pada seorang pekerja baru di pabrik itu. Benangnya kusut. Ia berusaha menguraikannya. Tetapi semakin ia berusaha, keadaannya malah semakin memburuk.

Akhirnya ia pun mendatangi mandor. Mandor bertanya padanya, "Mengapa kamu tidak datang pada saya lebih awal?" Pekerja baru itu pun dengan gugup menjawab, "Saya hanya berusaha melakukan yang terbaik, Pak!" Tetapi mandor menjawab dengan tegas, "Tidak, yang terbaik yang bisa kamu lakukan adalah datang kepada saya sejak awal."

Terkadang tanpa disadari, tindakan seperti itu sering kita lakukan. Ketika ada persoalan yang datang menerpa hidup, kita cenderung akan berusaha keras dengan cara, kemampuan, dan kepandaian kita sendiri.

Kita pun lupa untuk mengandalkan Tuhan. Ketika jalan sudah buntu, baru kita teringat pada Tuhan. Padahal, tindakan pertama kita seharusnya adalah meminta pertolongan Tuhan. Dalam keadaan sesusah apapun kalau kita datang dan berseru kepada Tuhan, telinga-Nya tetap terbuka untuk mendengar seruan kita dan tangan-Nya tetap bersedia untuk menolong kita.

Ya Allah, bukakanlah keatas kami hikmat-Mu dan limpahkanlah keatas kami khazanah rahmat-Mu, Wahai Tuhan Rabbul Izzati yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, tambahkanlah ilmuku dan luaskanlah kefahamanku, Wahai Tuhanku, lapangkanlah dadaku dan mudahkanlah urusanku, terimalah pemohonanku Ya Rabb. Amin.

No comments:

Post a Comment