Sunday, August 12, 2012

Stres Kehilangan Orang Dekat Sebabkan Bulimia



Stres akibat kehilangan atau jauh dari orang terdekat dapat memicu gangguan makan. Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Minnesota mengungkap bahwa sebagian orang menganggap perubahan kecil seperti pindah sekolah atau rumah dapat menyebabkan terjadinya bulimia.

Sekelompok ilmuwan yang dipimpin oleh Yerikho M. Burge mewawancarai orang dengan rentang usia 17 hingga 64 tahun. Ternyata, banyak dari responden bercerita tentang masa-masa sulit saat harus masuk sekolah baru, meninggalkan rumah, melangkahkan kaki pertama kali ke perguruan tinggi, kehilangan salah satu anggota keluarga atau teman.

Sebagai contoh, adalah hal yang sangat sulit secara psikologis bagi wanita saat masuk perguruan tinggi yang membuat ia selalu merasa kesepian. Pada akhirnya, banyak dari mereka yang mengalami gangguan makan serius hingga berhenti makan.

"Pasien saya telah kehilangan ibunya dan menemukan dirinya dalam situasi yang sangat hampa tanpa dukungan emosioal. Ia pun kehilangan kontrol akan hidupnya," ujar Burge, dikutip Genius Beauty.

Banyak orang yang terbiasa menerima kasih sayang dan perhatian yang sangat besar dari keluarga. Saat mereka harus ke keluar dari rumah, entah untuk kuliah atau memulai hidup yang baru, tidak semua orang bisa bertahan. Beberapa responden bahkan dipengaruhi oleh perpisahan dari pasangan mereka.

Ada pula kasus kecemasan anak yang harus menghadapi perceraian orang tua mereka, begitu pula saat mereka harus menerima kehadiran orang baru dalam kehidupan ayah atau ibu mereka. Banyak yang tidak tahu bagaimana menghadapi kehidupan setelah kehilangan orang terdekat. Untuk orang-orang ini, dibutuhkan pertolongan orang lain berupa dukungan psikologis.

Sumber: 
 VIVAlife 

No comments:

Post a Comment