Monday, June 18, 2012

Ukuran Payudara Pengaruhi Kesehatan Wanita ?



Bagi sebagian wanita, payudara penuh atau berukuran besar merupakan aset berharga yang menjadi idaman. Namun, ilmuwan menemukan ukuran payudara alami yang semakin besar dari generasi ke generasi berisiko mematikan bagi kesehatan. 

Ukuran payudara wanita di AS rata-rata membesar dalam satu generasi. Penulis buku "Breast: A Natural and Unnatural History", Florence Williams, menyatakan tren ini ternyata memengaruhi kesehatan wanita. 

Dalam bukunya, Williams menggambarkan payudara yang semakin besar memungkinkan tingginya angka kanker payudara yang dikaitkan dengan kenaikan berat badan di awal pubertas. Penelitian di jurnal pediatrik menemukan, 15 persen anak perempuan di AS  kini mengalami pubertas lebih awal, di usia tujuh tahun. 

Payudara yang lebih besar juga memungkinkan paparan polutan lebih tinggi. Karena tubuh menyimpan kimia beracun dalam lemak. Semakin besar ukuran payudara, konsentrasi jaringan lemak yang menyimpan bahan kimia seperti merkuri, polychlorinated biphenyls (PCB). PCB kerap ditemukan dalam pestisida atau cairan pembersih semakin tinggi. 

Dikutip dari Foxnews, polutan ini tak hanya menumpuk dalam tubuh wanita, namun akan terakumulasi dalam ASI yang akan ditransfer ke bayi selama menyusui. PCB juga terbukti menghambat dan meniru pembentukan estradiol, hormon seks utama pada wanita. Imitasi dari senyawa estrogen inilah yang memengaruhi pengembangan sel kanker payudara, kanker rahim dan leher rahim.

"Menyusui ternyata adalah cara yang sangat efisien untuk mentransfer racun industri ke generasi berikutnya," tulis Williams seperti dikutip dari Medical Daily. 

Meski menyusui sangat penting bagi otak, tubuh dan pengembangan kekebalan tubuh anak, Williams memperingatkan, banyak racun yang berada dalam tubuh yang akan diwariskan kepada anak-cucu. "Tubuh kita erat dengan dunia di sekitar kita. Jika kita hidup dalam lingkungan yang penuh dengan polusi, hal ini akan mempengaruhi kesehatan kita."


Sumber: VivaNews

No comments:

Post a Comment