Tuesday, June 12, 2012

Manajemen Waktu




Mungkin manajemen waktu yang buruk hanyalah sebuah kebiasaan buruk. Dan mungkin anda dapat belajar untuk mengatur dan mengendalikan waktu anda dengan lebih baik. Karena itu, marilah kita hadapi.
Manajemen waktu adalah merupakan Manajemen diri.
Pertimbangkan sebelum mengambil langkah-langkah dan melihat tips-tips manajemen waktu untuk anda:
1. Tips pertama,yang jelas: Membuat to-do list (elektronik atau kertas). Tulislah point yang paling penting menurut anda dan mulailah bekerja dari situ.Tentunya jadwal menuntut anda untuk melaksanakan tugas anda.
2. Tips kedua: Setelah seharian menyelesaikan aktifitas anda, Tinjau kembali apa yang telah anda lakukan dan membuat daftar baru untuk hari berikutnya.
3. Tegas dan tetap menjaga prioritas yang telah diatur. Pastikan bahwa apa yang anda pikir penting adalah benar-benar penting.
4. Belajarlah untuk membedakan antara kepentingan dan mendesak. Yang penting adalah tidak selalu mendesak. Apa yang mendesak tidak selalu penting.
5. Bawalah daftar agenda anda setiap saat.
6. Jika tugas yang membutuhkan waktu kurang dari lima menit, lakukan segera. Jika diperlukan waktu lebih lama,bisa juga dengan menaruhnya di daftar.
7. Buatlah jadwal beberapa waktu kedepan tanpa gangguan setiap harinya ketika anda bisa berkonsentrasi pada tugas-tugas penting, bahkan jika anda harus berada di ruang konferensi atau di perpustakaan.
8. Pendekatan lain: Sebelum Anda memeriksa e-mail atau voice mail atau terlibat dalam hal-hal kecil setiap hari, mencurahkan jam yang telah anda tentukan untuk proyek Anda yang paling penting.
9. Selama beberapa hari, mengambil inventarisasi bagaimana Anda menghabiskan waktu anda untuk mencari tahu di mana dan bagaimana Anda membuang-buang itu.
10. Hilangkan pemborosan waktu (misalnya, jika panggilan telepon pribadi yang mengambil terlalu banyak tempat di hari kerja anda, mungkin akan lebih baik dengan mematikan handphone anda).
11. Atur rencana pekerjaan anda menjadi bagian-bagian kecil. Setiap bagian demi kepentingannya. Bekerjalah pada salah satu bagian waktu.
12. Tugas yang kompleks, ruang gerak jadwal yang padat dapat membuat anda stress. Proyek yang cenderung memakan waktu lebih lama dari yang anda pikirkan / harapan. Beristirahatlah sejenak.
13. Jika bagian dari hari anda melibatkan tugas-tugas rutin yang berulang-ulang, anda dapat menyimpan catatan tentang berapa lama anda mengambil dan kemudian mencoba untuk melakukannya lebih cepat.
14. Melangkah lebih jauh dan menetapkan batas waktu tertentu untuk tugas-tugas rutin.
15. Membangun sistem yang efisien cerdas untuk semua tugas-tugas anda, besar dan kecil, dan tetap berpegang pada komitmen anda.
16. anda tahu kapan dan di mana anda dapat mengatakan TIDAK ! Mencoba semua orang untuk melakukan apa yang anda minta untuk melakukannya adalah resep bagi kegagalan.
17. Secara umum, anda dapat menjaga dan mengatur jadwal anda sendiri.jangan sampai overscheduling.
18. Kembali pada no 16 dan 17: Belajar untuk mendelegasikan, dimanapun dan kapanpun anda bisa.
19. Hadiahi diri anda sendiri atau sesekali manjakan diri anda atas keberhasilan menyelesaikan tugas-tugas tepat waktu. Tidak ada sesuatu yang menyenangkan sampai hal-hal kecil atas pekerjaan terselesaikan.
20. Mengatur dan merapihkan ruang kerja anda sehingga anda tidak membuang waktu jika mencari sesuatu.
21. Kelompokan jenis tugas anda yang terkait.
22. Gunakan down-time (misalnya, menunggu pertemuan dimulai).
24. Jangan takut untuk memperoleh proyek-proyek dilakukan sejak dini. Ini membawa mereka dari pikiran anda, dan tidak berarti anda hanya akan diberikan lebih untuk melakukannya.
25. Menciptakan lingkungan bisnis yang nyaman untuk tempat anda bekerja. Sesuaikan pencahayaan, matikan sesuatu yang mungkin dapat mengganggu anda.
Atur/rapihkanlah meja kerja dan mulailah bekerja.

Saran ini berlaku untuk kehidupan di luar pekerjaan juga. 
Lebih baik menjadi hebat di beberapa hal daripada rata-rata hebat.

Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment