Saturday, June 30, 2012

Kekuatan Yang Menakjubkan






Syahdan, Abu Sa’id diberitahu bahwa ada orang tertentu yang bisa berjalan di atas air 

Dia menjawab, “Itu mudah; seekor katak dan seekor nyamuk pun bisa berjalan di atas air.” 

Kemudian dia diberitahu bahwa ada orang yang bisa terbang. 

Dia mnyahut, “Itu juga mudah; seekor lalat dan seekor gagak pun jadi bisa terbang.” 

Akhirnya dia diceritakan tentang orang yang dapat bepergian dari satu kota ke kota lainnya dalam sekedip mata. 

Abu Sa’id menyahut, “Setan bisa pergi ke timur dan barat dalam satu tarikan nafas. Kemampuan-kemampuan itu tidak memiliki nilai. Seorang manusia sejati adalah orang yang dapat berbaur dan bersosialisasi dengan orang lain tetapi tidak pernah melupakan Tuhan sedetik pun.”

Kesunyian dalam keramaian, hati sunyi dari selain Dia, jiwa hanya tertuju untuk terus mengingatnya. Sementara raga terus bekerja untuk memakmurkan kehidupan masyarakatnya. Manusia semacam ini berusaha dan berjuang terus menjalankan perintah Nya untuk selalu mengingat Nya diseluruh aktivitas kehidupannya baik sewaktu terbaring, duduk maupun berjalan.

Berjalan diatas air adalah mudah, menyebrangi lautan tidaklah susah. Terbang keangkasa merupakan hal yang gampang, melewati kepulauan  bukanlah hal yang sulit. Yang paling sulit adalah selalu mengingat Dia dalam setiap hirupan nafas, karena jiwa seringkali sudah dikungkung oleh hiruk pikuk kesibukan dunia. Manusia yang hebat adalah manusia yang bisa terus mengingat Dia disetiap waktu dan keadaan apapun. "
(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (QS. Ali 'Imran 3: 191)

Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring (QS.An Nisaa' 4:103).




No comments:

Post a Comment