Monday, June 18, 2012

Mengenal Smartphone OS – iOS, Blackberry, Symbian, dan Android


Sama hal nya dengan sistem operasi yang sering kita gunakan, tidak hanya Windows saja, tetapi ada juga MacOS atau pun Ubuntu dan lain sebagainya. Smartphone atau pun table juga memiliki sistem operasi yang powerfull untuk mendukung beragam aplikasi dan kebutuhan penggunanya.

Kadang masalah ini menjadi utama bagi kita ketika hendak membeli ponsel. Sering di bingung kan untuk memilih "ponsel dengan sistem operasi apa yang cocok untuk saya?". Mungkin dahulu ketika pilihan ponsel tidak banyak menggunakan sistem operasi, Anda hanya terpaku pada ponsel dengan brand Nokia saja. Tetapi nampaknya sekarang para "ponsel pintar" mulai bermunculan untuk di jadikan pilihan tepat. Mari kita simak beberapa pilihan sistem operasi yang bisa Anda pertimbangkan.

IOS

Tentunya Anda sudah tak asing lagi dengan device yang bernama iPhone. Benar, iOS adalah sistem operasi yang hanya bisa di temui pada perangkat pabrikan Apple Inc. IOS merupakan sistem operasi yang di kembangkan dari Mac OS X. IOS juga merupakan sistem oprasi yang open source di bawah naungan Apple Public Source License (APSL). Di IOS terdapat abstraction layers, Core OS layers, Core Service layers, Media layers, Cocoua Touch Layers.




IOS juga terkenal akan SIRI yaitu sejenis voice command yang terkenal akan ke akuratan nya. IOS juga memiliki interface yang sangat elegan. Hingga artikel ini di tulis IOS sudah mencapai versi IOS 5. Pada versi ini terdapat perubahan baru dan "penambalan" atas bug, terdapat juga iMessage yang merupakan instant messenger bagi sesama pengguna IOS.

Blackberry OS

Di Indonesia, Blackberry memang di akui cukup laris manis angka penjualannya. tetapi di luar Indonesia ponsel ini mulai mengalami penurunan pasar. Blackberry OS mempunyai keunggulan pada fitur nya yang bernama Blackberry Messenger yaitu pesan instant sesama pengguna Perangkat Blackberry.



Bagi Anda seseorang yang bekerja di perusahaan, Blackberry juga mempunyai Push E-mail untuk mempermudah Anda mengcek E-mail yang masuk dari kantor tanpa harus membukanya dari PC. Saat artikel ini di tulis Blackberry OS sudah dalam versi 7, tetapi versi 10 nya sudah mulai di kembangkan oleh pihak RIM (Research In Motion) selaku pabrikan produsen Blackberry.

Symbian

Nokia adalah salah satu merk lawas yang hampir semua orang sudah mengetahuinya. di Indonesia ponsel Nokia sempat merajai pangsa pasar penjualan ponsel. Symbian juga bukanlah sistem operasi yang open source, tetapi karna di perlukan API sehingga banyak pihak developer yang salah meng-artikan bahwa source code nya tidak di distribusikan secara bebas.


Salah satu ke unggulan nya adalah dapat di jalankan dengan multi-tasking. Saat ini Symbian juga sudah sampai pada versi Symbian Belle, yang merupakan versi paling baru dan dapat di temui dalam Nokia 600 dan 700.

Android

Sekarang ini segala penjuru dunia pengguna gadget sudah mengenal Android. Android di kembangkan berdasarkan sistem kernel linux sehingga di kategorikan dalam sistem operasi yang bersifat terbuka. Semua vendor ponsel ternama untuk sekarang sudah menggunakan Android sebagai OS nya. Di Indonesia sendiri ponsel Android terkenal laris manis. Saat  ini  Android sudah dalam versi 4 (Ice Cream Sandwich).



Berikut ini adalah versi Android yang pernah ada dari awal launching.

Android pertama pada tahun 2007
Android Versi 1.1
Android Versi 1.5 (Cupcake)
Android Versi 1.6 (Donut)
Android Versi 2.0/2.1 (Eclair)
Android Versi 2.2 (Froyo/Froyen Yoghurt)
Android Versi 2.3 (Gingerbread)
Android Versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android Versi 4.0 (ICS : Ice Cream Sandwich)
Android Versi 4.0 ini adalah android versi terbaru yang menjadi harapan baru untuk sistem operasi gadget dengan kemampuan lebih dan menyerupai sistem operasi windows yang user interface dan user friendly.

Jadi pilihlah type ponsel yang sesuai dengan kriteria Anda. 

Bila Anda mengutamakan disain dan multimedia, tidak salahnya Anda mencoba iPhone. 

Tetapi jika Anda adalah seseorang yang "gadget", Android merupakan pilihan tepat. 

Tidak bermaksud menjatuhkan OS lainnya, tetapi dari angka penjualan iPhone dan Android masih menjadi raja pasar..

No comments:

Post a Comment