Friday, June 15, 2012

3 Strategi Jitu Hadapi Tekanan Keuangan


Tekanan keuangan mungkin masalah paling menguras emosi. Satu persoalan tetapi berdampak terhadap semua aspek kehidupan. Efek domino inilah yang terkadang sulit diterima, sehingga melemahkan motivasi dan energi.
Tekanan itu biasanya muncul akibat pemasukan yang tak sebanding dengan pengeluaran. 

Pemasukkan terbatas. Harus membiayai kebutuhan hidup sehari-hari. Semua itu kerap memaksa kita memutar otak untuk menemukan solusi.

Jangan keburu putus asa. Ingat, Anda yang memegang kendali kehidupan, bukan uang. Cobalah siasat ini meski mungkin sulit memulainya. Tetapi Anda akan merasakan kemudahan saat memasuki langkah berikutnya.
Perencanaan
Anda harus tahu persis di mana posisi Anda sekarang dan di mana Anda ingin berada. Bagi sebagian orang memiliki masalah keuangan adalah hal yang menyakitkan. Tapi mau tidak mau masalah ini harus diselesaikan.

Buka semua buku keuangan, lihat berapa banyak utang dan tunggakan yang Anda miliki. Selesaikan satu per satu, biaya mana yang harus terlebih dahulu dibayar. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana harus menyelesaikan masalah keuangan.
Pembukuan
Menyusun anggaran keuangan adalah hal terpenting untuk selesaikan masalah keuangan. Anda harus tehu kemana setiap uang yang keluar dari kantong Anda. Perincian ini akan membantu Anda untuk mengatur pemasukan dan pengeluaran Anda,.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat pembukuan:
- Siapkan uang untuk keperluan pribadi
- Pembayaran utang
- Biaya bulanan
- Tabungan

Penghasilan tambahan
Semakin cepat Anda keluar dari lubang utang, semakin cepat Anda rasakan kebebasan. Mengupayakan penghasilan tambahan mungkin akan menjadi malaikat penolong untuk kasus ini. Bagaimana caranya?

- Anda dapat mengumpulkan barang-barang lama yang masih menarik lalu menggelar garage sale.
- Menjalankan bisnis online, bisnis ini dapat Anda lakukan di sela jam kantor yang Anda miliki.
- Jika Anda memiliki keterampilan, Anda dapat membukan kursus di rumah.



Sumber : Kosmo

No comments:

Post a Comment