Friday, February 3, 2012

Don't forget the little things


In this life we cannot always do great things.But we can do small things with great love (Mother Teresa)

"Kadang kita terlalu sombong untuk mengambil manfaat dari sesuatu yang kecil, dan lupa kalau sesuatu yang besar mungkin tidak akan pernah kita dapatkan."

Suatu hari saya melihat seorang teman sedang terburu-buru mematikan lampu toilet yang sedang kosong. Kejadian yang sangat menarik, mengingat saat itu dia tidak sedang selesai menggunakan toilet tersebut. Dengan kepala yang dipenuhi dengan tanda tanya besar, saya bertanya, "Ngapain kamu matikan lampunya? Toh, bukan kamu yang pakai toilet itu." Dengan santainya teman saya menjawab, "Emang sih bukan saya yang pakai. Tapi lumayan buat ngirit duit perusahaan. Siapa tau pas lebaran ini, perusahaan bisa kasih bonus ke kita, hasil ngirit duit buat bayar listrik. Lagipula lumayan buat nambah-nambah pahala. Jarang-jarang ada kebaikan yang bisa kita lakukan." Hebat banget!

Amazing story! Isn't it?

Jujur sajalah! Berapa kali anda melihat gelas bekas air mineral teronggok tak berdaya di trotoar dan kemudian membuangnya di tempat sampah? Jarang? Atau malah tak pernah? Padahal, kalo saja semua orang di Indonesia mau melakukan hal "kecil" seperti membuang sedikit sampah yang dilihatnya, saya yakin seyakin-yakinnya Indonesia akan jauh lebih bersih ketimbang Singapore.

Berapa kali sesuatu yang besar dan bermanfaat hadir dalam kehidupan anda? Saya yakin pasti jawabannya jarang. Tapi berapa kali sesuatu yang kecil dan ada manfaatnya hadir dalam kehidupan anda? Saya yakin sering sekali, kecuali anda tidak menyadarinya atau malah tidak mau menyadarinya. Saat bertemu dengan tetangga yang jarang sekali anda temui dan bahkan anda tidak tahu namanya, pernahkah anda mencoba tersenyum padanya? Pernahkah anda tersenyum dan menyapa pada tiap orang yang anda temui tiap hari? Bukankah semua itu hal kecil yang pasti anda temui dan dapat lakukan sehari-hari? Bukankah senyuman kecil dapat membuat banyak orang bahagia? Bukankah tersenyum juga ibadah yang bernilai pahala? Apakah membuat orang lain bahagia adalah sesuatu yang kecil? Saya yakin semua orang pasti mengatakan senyuman adalah perbuatan kecil tapi berdampak besar. Jadi kenapa kita tidak mulai dari sekarang untuk melakukan hal yang kecil tapi bermanfaat?

Akhirnya, bagaimana anda dapat menghargai sesuatu yang besar jika sesuatu yang kecil saja anda anggap remeh? Sesuatu yang besar berawal dari yang kecil. Akan sia-sia hidup kita jika kita tidak bisa bermanfaat bagi sekeliling meskipun kecil dan Allah nggak akan menyia-nyiakan apapun yang kita perbuat asal ikhlas, meskipun sekecil biji atom.


So, let's do something little unless you'll spend your life to find a big thing that maybe you never get.

No comments:

Post a Comment