Saturday, February 11, 2012

Suka Berdebat


Seringkali kita  tidak menyadari telah melakukan hal itu, karena yang ada di pikiran kita adalah kita merasa bangga bisa mengalahkan orang lain dalam adu pendapat dan merasa superior atas lawan bicara kita.


Sayyidina Ali ra berkata :
“Patahlah punggungku disebabkan oleh dua orang lelaki di dunia ini.
Yang seorang adalah lelaki yang alim (pandai) di lisan tetapi fasiq (di hatinya).
Yang seorang lagi adalah lelaki yang jahil hatinya (akalnya) walaupun banyak beribadah.
Yang pertama menutupi kefasikannya dengan lisannya.
Yang kedua menutupi kebodohannya dengan ibadahnya.
Karena itu waspadalah kalian atas orang yang fasik dari kalangan para alim dan orang jahil dari kalangan orang-orang yang gemar beribadah. Mereka itu adalah salah satu FITNAH dari setiap fitnah, karena aku (Imam Ali as) mendengar Rasulullah saww bersabda : “Wahai Ali, Salah satu sebab KEHANCURAN atas umatku adalah disebabkan oleh tangan orang munafik yang hanya pandai bicara.” (Kitab al-Khishal 1 : 69)

Telah diriwayatkan dari hadits Aisyah radhiyallahu ‘anha berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

أَبْغَضُ الرِّجَالِ إِلىَ اللهِ اْلأَلَدُّ الْخَصِمُ
Orang yg paling dibenci Allah adalah yg suka berdebat.”

Juga dari hadits Abu Umamah radhiyallahu ‘anhu berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam be...rsabda:

مَا ضَلَّ قَوْمٌ بَعْدَ هُدًى كَانُوا عَلَيْهِ إِلاَّ أُوْتُوا الْجَدَلَ. ثُمَّ تَلاَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَذِهِ اْلآيَةَ:
Tidaklah tersesat satu kaum setelah mendapatkan hidayah yg dahulu mereka di atas melainkan mereka diberi sifat berdebat.” 

“Mereka tdk memberikan perumpamaan itu kepadamu melainkan dgn maksud membantah saja sebenar mereka adl kaum yg suka bertengkar.” (HR.Tirmidzi dan Ibnu Majah dihasankan Al-Albani t dlm Shahih Al-Jami’ no. 5633

Orang2 munafik memang pandai menggunakan lidah putar belit agar dapat mempengaruhi orang ramai, sebenarnya mereka menutupi kefasikannya dengan lisannya dan hanya ingin menutupi kebodohannya dengan ibadahnya.

No comments:

Post a Comment