Tuesday, February 28, 2012

Harga Diri Cenderung Menurun Setelah Melihat Model Iklan



Tahukah anda, kita tidak sadar saat melihat iklan dan poster produk tertentu akan mempengaruhi harga diri kita. Hal ini menjadi sangat terasa bagi wanita yang melihat beberapa model wanita lain di beberapa media iklan dan produk tertentu.
Menurut penelitian dari Journal of Consumer Research dikutip Science Daily (20/10/09), Harga diri wanita yang mengalami kegemukan akan merosot ketika mereka melihat foto-foto model wanita lain. Bahkan sebaliknya, harga diri wanita kurus justru meningkat, terlepas dari ukuran model yang dilihat.
Penelitian ini dilakukan oleh Dirk Smeesters (Erasmus University, Belanda), Thomas Mussweiler (Universitas Cologne, Jerman), dan Naomi Mandel (Arizona State University).
Penelitian ini menemukan adanya perubahan harga diri ketika wanita melihat model wanita lain di majalah, koran, televisi dan lain-lain. Ini menunjukkan bagaimana media mempengaruhi harga diri wanita yang kelebihan berat badan dan kurus.
Harga diri wanita kurus akan cenderung meningkat, terlepas dari bentuk tubuh model yang mereka lihat. Di sisi lain, harga diri wanita yang kelebihan berat badan cenderung menurun, terlepas dari bentuk tubuh model yang mereka lihat. Lebih mengejutkan lagi, wanita dengan kelebihan berat badan dan kurus memiliki tingkat harga diri yang sebanding bila mereka tidak sedang melihat model wanita lain di majalah atau media lainnya.
Iklan juga mempengaruhi perilaku wanita ketika makan dan berolahraga. Misalnya, wanita yang kelebihan berat badan akan cenderung makan lebih sedikit dan memiliki niat lebih tinggi untuk diet dan olahraga ketika melihat model majalah yang lebih langsing dan ideal.
Melihat fenomena ini, memang lebih baik wanita dengan kelebihan berat badan untuk menghindari melihat iklan dengan model yang langsing dan ideal seperti halnya majalah wanita pada umumnya.

No comments:

Post a Comment