Wednesday, February 15, 2012

9 Cara Mengatasi Masalah


Kadang-kadang, bahkan orang yang paling optimis pun merasa seolah-olah mereka tidak dapat
mengatasi masalah lagi. Jika Anda merasa terjebak antara terombang-ambing dan tempat keras, Norman Vincent Peale, penulis The Positive Principle Today, mungkin memegang kunci untuk hari cerah Anda hari ini. Diadaptasi dari sembilan langkah proses Peale mengatasi kesulitan hidup, berikut ini prinsip-prinsip yang mungkin bisa Anda lalui bahkan pada masa tersulit.

  1. Jangan panik. Jangan pernah kehilangan kepala Anda. Tetap tenang, dan ini akan lebih mudah untuk memikirkan solusi.
  2. Jangan kewalahan. Jangan pernah mendramatisir kesulitan Anda sehingga menjadi lebih besar dari kehidupan Anda sendiri. Tidak peduli apa yang terjadi, terus katakan kepada diri sendiri: “Aku bisa mengatasinya!”.
  3. Tak usah “kebingungan”.  Ini bisa membantu Anda mengambil misteri dari setiap situasi. Buatlah daftar pada secarik kertas dari setiap elemen dari situasi saat ini yang sulit diatasi. Perjelas setiap bafian, sehingga Anda tidak akan bingung atau takut oleh itu.
  4. Jangan melihat ke belakang. Mulai berurusan dengan masalah seperti yang ada sekarang, dan teruslah bergerak maju.
  5. Carilah jawaban kecil. Jangan mencoba untuk memecahkan masalah sekaligus. Carilah solusi yang bisa membawa ke langkah berikutnya.
  6. Berlatih “mendengarkan kreatif”. Pelajari cara untuk tetap diam, sehingga wawasan yang luas bisa masuk ke pikiran Anda.
  7. Lakukan hal yang benar. Selalu tanya diri sendiri, “Apa hal yang benar untuk dilakukan?” Ingatlah: tidak adanya ternyata pernah benar, dan jika melakukan yang terbaik pada hal yang benar, jarang sekali akan salah.
  8. Terus berpikir, percaya, dan bekerja. Tidak ada kesulitan Anda  yang tidak dapat diatasi jika terus melakukan tiga hal ini.
  9. Tetap positif. Setelah berpikir negatif tentang sesuatu, memecahkan masalah bisa menjadi dua kali lebih sulit. Maka selalu menjaga sikap mental yang positif. (Bits&Pieces)

No comments:

Post a Comment