Monday, February 20, 2012

Diet Sukses Dibantu Air Putih



Kebiasaan minum segelas air dingin sebelum makan justru membantu mempertahankan berat badan ideal. 


Beberapa cara berikut ini bisa kita manfaatkan untuk membantu diet.

Minumlah 1 gelas air putih setiap 3 jam sekali pada siang hari, dan 1 gelas setiap kali terbangun kencing di malam hari. Kebiasaan banyak minum air putih memang membuat kita sering kencing pada malam hari, tetapi selama kondisi tubuh sehat dan kita tidak merasa terganggu, kebiasaan ini dapat diteruskan.

Biasakan minum 1 atau 2 gelas air dingin sebelum makan. Kalau tidak menyukainya, kita dapat menggantikannya dengan teh hijau atau blender (bukan jus) sayuran dan buah yang rendah kalori, tanpa menambahkan gula ataupun pemanis lainnya ke dalam minuman. Untuk mengetahui jenis-jenis sayuran dan buah yang rendah kalori, Anda dapat meminta daftarnya pada ahli gizi atau ahli diet.

Pilihlah air yang benar-benar alami. Air botol yang kini banyak dijual seyogianya berasal dari mata air pegunungan yang jauh dari tempat pencemaran seperti wilayah perumahan dan pertanian yang menggunakan pestisida/pupuk anorganik. Kita bisa membaca label kemasannya untuk mengetahui sumber airnya. Air yang berasal dari sumber alami pegunungan yang belum tercemar umumnya berupa air heksagonal.

Air dingin bersifat termogenik, karena suhu yang dingin akan menurunkan suhu di dalam saluran cerna. Pada suhu jauh di bawah 37oC, enzim-enzim dalam saluran cerna tidak dapat bekerja baik untuk mencerna makanan, sehingga sebagian besar unsur makanan tidak akan terserap. Untuk mencernakan makanan, suhu saluran cerna yang dingin harus dinaikkan dahulu sehingga diperlukan energi tambahan. Jadi, air dingin dapat membantu diet perampingan, karena: 1) Makanan tidak tercerna dengan baik dan; 2) Terjadi peningkatan pengeluaran kalori yang diperlukan untuk menaikkan suhu saluran cerna.

Jangan minum sirop, softdrink, atau minuman manis lainnya, termasuk yang mengandung gula jagung (corn sugar, fruktosa) ketika ingin menurunkan berat badan. Jenis-jenis minuman ini akan memberikan kalori yang instan. Sebagai penggantinya, kita bisa minum cairan isotonik seperti sportdrink yang tidak mengandung banyak karbohidrat. 


Sumber: Intisari

No comments:

Post a Comment