Sunday, February 19, 2012

Manusia Memerlukan Santunan Allah




"Kalian lebih memerlukan penyantunan Allah, ketika kalian menjalani ketaatan, dari sifat penyantun-Nya (kesabaran-Nya), ketika kalian mengerjakan maksiat.”

Kemuliaan yang ada pada seorang hamba adalah ketika ia menyatakan dirnya hanya bersandar kepada Allah Azza wa Jalla. Adapun kejatuhannya adalah ketika ia merasa dirinya telah dapat mengerjakan ibadah dengan berbangga diri dengan ibadahnya itu. Yang paling menjatuhkan martabatnya ialah selain berbangga diri dengan ibadah, orang yang berbangga ini setelah diteliti, ibadahnya tertolak karena dikerjakan dengan riya’ Tanpa keikhlasan. Amalnya ditolak karena dikerjakan karena manusia bukan karena Allah, maka ibadah ini pun sis-sis disisi Allah SWT.


Sesungguhnya pokok seluruh ibadah (baik wajib maupun yang sunnah) hendaklah diniatkan untuk mencari keridhaan Allah SWT. semata, tanpa berharap apapun baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Beribadah untuk mendapatkan popularitas dari makhluk dan kepentingan bagi diri sendiri akan merusak hubungan hamba dengan Allah SWT.

Perlu dipahami bahwasannya orang yang selalu melaksanakan ketaatan kepada Allah SWT., hendaklah berhati-hati dan terus-menerus melaksanakan taqarubnya, serta lebih banyak mengharapkan sifat penyantun Allah. Sebab, orang yang senantiasa menggantungkan hidupnya kepada Allah dan tetap dalam ketaatan, akan menghadapi banyak cobaan yang seringkali dapat merusak hubungan dengan Allah dan mengotori ibadahnya. Sifat-sifat yang mengotori ibadah sihamba dengan Allah itu diantaranya adalah sifat riya’, ujub, dan sifat-sifat yang samara-samar yang mirip dengan sifat seperti tersebut diatas. Sebaliknya para hamba yang suka berbuat maksiat dan terjepit dalam dosa, dapat membuat mereka sadar karena dosa-dosa yang menyakitkan dan menghina diri mereka sendiri. Kesadaran itu mendorong si hamba mendekati Allah dan memohon santunan dan kasih sayang-Nya agar dapat keluar dari lembah kemaksiatan disebabkan karena kebodohan dan kelemahannya.

Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Katakan kepada hamba-hamba-Ku yang siddiqin, janganlah mereka tertipu dengan amal ibadahmu, karena apabila Aku (Allah) tegakkan keadilan-Ku, pasti Aku akan menyiksa mereka, bukan karena kezaliman. Katakan pula kepada hamba-hamba yang berbuat dosa, janganlah mereka berputus asa dari rahmat Allah, karena sesungguhnya Aku tidak membesar-membesarkan dosa orang-orang yang telah Aku ampuni.”

Abu Yazid Al-Bustamy mengingatkan, “Tobat karena perbuatan maksiat itu hanya sekali, akan tetapi tobat karena mengerjakan ketaatan itu seribu kali tobat.”

Tobat dan memohon ampunan Allah itu adalah satu keutamaan orang yang siddiqin. Sebab manusia berada dalam perjalanan hidup yang jauh dan panjang. Ia tidak mengetahui sengaja atau tidak sengaja telah berbuat dosa dan melanggar rambu-rambu larangan Allah. Ia harus segera sadar akan dirinya, secepatnya kembali kepada Allah. Tobat tidak memilih waktu dan memilih manusia. Siapa yang merasa bersalah, orang alim atau orang bodoh, secepatnya beristighfar memohon ampunan Allah yang Maha Penyantun.

Terutama hamba yang merasa dirinya ahli ibadah, hendaknya lebih banyak memohon maaf dan ampunan Allah yang Maha Rahman dan Maha Halim.


No comments:

Post a Comment