Saturday, March 17, 2012

Sakit Kepala Menurunkan Hasrat Seks



Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia dan dipublikasikan pada 9 Februari lalu di Journal of Sexual Medicinememperlihatkan hasil bahwa lebih dari 90 persen perempuan yang mencari pengobatan medis untuk sakit kepalanya ternyata mempunyai kehidupan seksual yang buruk. Bahkan, sebanyak 29 persen perempuan tersebut mengalami depresi karena kehidupan seksual mereka.


Para peneliti menyebutkan bahwa perempuan yang menderita sakit kepala mempunyai gejala penurunan fungsi seksual dan perasaan tertekan karena masalah seksual. Termasuk penurunan hasrat seksual dan sakit ketika berhubungan seksual.

Maka itu, para peneliti menyarankan kepada dokter yang menerima pasien sakit kepala hendaknya menanyakan juga tentang masalah seksualnya.

Sakit kepala dan seks

Para peneliti di Universitas Pavia meneliti 100 perempuan yang berusia rata-rata 40 tahun. Para perempuan ini sedang menjalani pengobatan sakit kepala yang diderita selama bertahun-tahun. Kebanyakan menderita migrain; beberapa menderita penyakit sakit kepala yang kronis (terserang sakit kepala lebih dari 15 hari setiap bulan).

Para peneliti ini mewawancara pasien, memberikan pengobatan saraf, dan mengumpulkan riwayat medis mereka. Para pasien juga mengisi kuestioner tentang kehidupan seksual mereka.

Data yang ditemukan, sebanyak 91 dari jawaban kuesioner menunjukkan bahwa mereka mempunyai masalah seksual yang menurut mereka tidak normal untuk perempuan di usia mereka.

Sebanyak 20 persen dari perempuan tersebut menderita penurunan hasrat seksual yang drastis, yang akhirnya membuat mereka sendiri merasa stres. Selain itu, 17 persen subjek penelitian dilaporkan mengalami penurunan hasrat seks, namun tidak membuat dirinya stres.

Meskipun fungsi keseluruhan seksual perempuan tidak bervariasi di berbagai jenis sakit kepala, dari data terlihat bahwa wanita dengan sakit kepala kronis lebih merasa depresi karena gangguan fungsi seksual.

Hasil penelitian mengenai hubungan sakit kepala dan kehidupan seksual pada wanita masih sedikit. Namun, dikatakan peneliti, ada beberapa hal yang menghubungkan antara sakit kepala dan masalah seksual. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua jenis sakit kepala mempengaruhi hasrat seksual. Orang yang menderita sakit kepala kadang kehilangan mood, yang disertai dengan depresi dan gusar, yang akhirnya akan berpengaruh pada dorongan seksual yang melemah.

Jadi, jangan remehkan sakit kepala, karena hubungan Anda dan pasangan Anda bisa jadi taruhannya.

Sumber : Intisari

No comments:

Post a Comment