Monday, March 19, 2012

Kelakuan-Kelakuan Menyebalkan di Kantor



Apakah Anda sering terganggu oleh kelakuan rekan kerja? Tenang, Anda tak sendiri. Berdasarkan survei yang dilakukan Yahoo! Shine dan Fitness Magazine terhadap 2.000 responden, 79 persen merasakan hal yang sama.

Hal apa yang ada di puncak daftar pemicu kekesalan?

Bagi pria, ternyata bau badan. Sebanyak 41 persen responden pria merasa terganggu dengan aroma dari tetangga sebelah. Tapi hal ini tidak begitu jadi persoalan bagi responden wanita (hanya 38 persen yang mengeluh soal kebersihan badan).

Solusi masalah di atas sebenarnya mudah: Ada yang namanya deodoran.

Para wanita banyak merasa terganggu ketika orang lain justru mendapatkan penghargaan atas ide mereka (41 persen). Hanya 36 persen pria yang mengeluh soal ini.

Dari segi umur, 44 persen responden yang berusia 18-34 tahun sama-sama mengatakan persoalan penghargaan ini amat mengganggu mereka.

Keluhan lain yang umum? Bisa ditebak, jawabannya adalah kurangnya privasi di tempat kerja. Setidaknya 33 persen responden wanita dan 31 persen pria merasa terganggu dengan suara percakapan telepon rekan mereka yang keras dan pribadi.

Menurut survei, ruang makan atau area pantry adalah ladang untuk kelakukan menyebalkan. Pria dan wanita sama-sama terganggu jika ada orang yang mengambil makanan mereka di kulkas kantor — 27 persen bahkan merasa hal ini adalah keluhan terbesar. 

Nah, jika Anda berpikir makan pizza bawang atau sup bakso dengan bawang putih di jam kantor, mungkin Anda harus menundanya untuk akhir pekan. Karena hal itu akan membuat jijik 13 persen pria dan 12 persen wanita rekan kerja Anda.

Melihat tingkat kejengkelan yang dialami para pekerja, ini peringatan yang bagus untuk semua orang, mulai dari karyawan magang sampai bos, untuk menjaga kelakuan masing-masing di jam kerja.

Bagaimana dengan Anda? Perilaku teman kantor yang seperti apakah yang Anda anggap paling menyebalkan? 

No comments:

Post a Comment