Saturday, March 17, 2012

Kopi Hitam Bikin Sperma Berkualitas



Minum kopi di pagi hari sepertinya sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang. Menurut sebuah penelitian, minum kopi hitam di pagi hari baik untuk sperma pria.


Untuk pecandu kopi, secangkir kopi di pagi hari dapat meningkatkan gairah dan antusiasme mereka untuk melakukan suatu kegiatan. Tidak hanya itu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Sao Paulo, Brazil, menemukan minum kopi hitam di pagi hari juga bermanfaat untuk kesuburan pria.

Hasilnya telah dipublikasikan dalam konferensi Journal of the American at the Society for Reproductive Medicine di San Antonio, yang menyebutkan kopi hitam membuat sperma berenang lebih cepat dan meningkatkan kesuburan pria.

Sebuah kelompok penelitian dari University of Sao Paolo, mengatakan pria yang teratur minum secangkir kopi setiap pagi memiliki sperma yang bisa berenang lebih lincah dibandingkan dengan pria yang tidak pernah minum kopi di pagi hari, demikian kutipan iscco. Penelitian dilakukan terhadap 750 pria yang akan melakukan vasektomi (kontrasepsi bedah untuk pria) dan dibagi menjadi empat kelompok berdasarkan jumlah kopi yang dikonsumsi.

Keempat kelompok itu adalah mereka yang tidak minum kopi, peminum kopi ringan (antara 1 – 3 cangkir kopi per hari), peminum kopi (antara 4 – 6 cangkir sehari), dan peminum kopi berat (lebih dari 6 cangkir per hari), dengan ukuran skala cangkir 100 ml. Partisipan yang minum kopi secara teratur setiap hari (1 – 3 cangkir kopi per hari) memiliki kualitas sperma yang jauh lebih baik daripada pria yang tidak minum kopi.

Menurut para peneliti, kandungan kafein dalam kopi dapat membantu sperma berenang lebih cepat dari sampel sperma untuk membantu meningkatkan proses IVF (in vitro fertilization), metode pembuahan di luar rahim.

Tapi perlu diingat, minum kopi secara berlebihan dapat meningkatkan stroke akibat kerusakan pada dinding pembuluh darah. Pada wanita hamil, dapat meningkatkan denyut jantung, menyerang plasenta, masuk ke sirkulasi darah, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Sumber : Intisari

No comments:

Post a Comment