Wednesday, April 25, 2012

Dengarkan Musik, Nyeri Pascaoperasi pun Mereda



LUPAKAN obat pereda nyeri saat gangguan itu datang. Ada cara lain yang lebih aman dan menyenangkan untuk meredakan nyeri. Musik. Ya, sejumlah dokter mengklaim mendengarkan musik mampu meredakan efek nyeri pascaoperasi.

Sebagian rumah sakit di Amerika Serikat menambahkan unsur terapi musik lembut dalam perlakuan medis. Mereka memperdengarkan musik-musik lembut pada pasien yang tengah dan baru saja menjalani operasi. Hasilnya, efek nyeri pun mereda.

Penelitian yang ditampilkan dalam The Journal of Pain itu berbicara tentang seseorang yang sedang operasi kecil dan merasakan nyeri yang sedikit berkurang akibat mendengarkan musik. Hal tersebut terjadi karena secara tidak langsung sang pasien didorong untuk terlibat dalam lagu, seperti nada dan sebagainya sehingga sedikit mengalihkan dari rasa sakit yang diderita.

Sementara itu, para ilmuwan di University of Utah, menemukan bahwa pasien yang mendengarkan musik cenderung terfokus pada melodi. Mereka terlihat lebih lega dengan beban rasa nyeri yang sedikit semakin berkurang. Terapi musik saat adanya operasi kecil maupun pascaoperasi, dipercaya ampuh mengusir sedikit nyeri karena memiliki efek analgesik pada pasien. 


Sumber : http://metrotvnews.com

No comments:

Post a Comment