Saturday, March 9, 2013

Saatnya Anda Terbebas dari ‘Tags’ dan ‘Mentions” yang ‘Mengotori’ Wall FB


Facebook benar-benar tidak duduk diam dalam “pertarungan”  berhadapan dengan Google+, mereka terus mengembangkan fasilitas untuk memenuhi kebutuhan, privacy dan kenyamanan penggunannya yang saat ini sudah mencapai 750 juta lebih di seluruh dunia (pengguna Indonesia masuk urutan ke 2 terbesar di dunia). Salah satu fasilitas yang dikembangkan untuk kenyamanan dan privacy pengguna adalah permasalahan “tag” (menandai) dan “mentions” (menyebutkan). Penggunaan “tag” seringkali membuat risih pengguna Facebook  karena “mengotori” wall pengguna, selain itu juga foto atau video kita dengan mudah ditandai oleh teman atau orang lain yang tidak kita inginkan. Hal yang sama juga dirasakan pada saat teman/orang lain menyebutkan (mentions) kita dalam postingan mereka, postingan tersebut dapat juga mengotori wall Facebook kita.

Saat ini, Facebook telah menyediakan pengaturan baru untuk mengendalikan permasalahan di atas. Namun perlu diberikan catatan, bahwa sebenarnya fungsi tags dan mentions tidak dimatikan atau di blok dari pengguna lain (teman/orang lain), namun kita diberikan hak untuk menerima atau membatalkan/menolak kegiatan tersebut. Untuk mengetahui hal ini, silahkan ikuti pembahasan berikut ini :

Buka Facebook anda kemudian pilih menu Account (disebelah kanan atas), seterusnya pilih menu Privacy Settings .  Pada Privacy Settings anda disedikan beberapa pilihan. Namun sesuai bahasan kali ini, anda diminta untuk memilih “How Tags Work” (Lihat gambar dibawah). Untuk memulai pengaturan anda dapat klik Edit Settings (no 1)

Setelah anda memilih Edit Settings seperti di atas. Anda diberikan 5 (lima) pilihan untuk mengatur privacy bagian ini. Namun sesuai pembahasan kali ini, anda diminta memilih “Profile Review” (no 2) dan “Tag Review” (no 3).


Profile Review bertujuan agar anda dapat mengatur, apakah  “tag”atau “mentions” yang dilakukan oleh teman/atau orang lain dapat anda terima atau ditolak.  Hal ini dilakukan agar, proses tags dan mentions tidak langsung tampil pada wall anda, yang biasanya kita hadapi selama ini.
Tag Review bertujuan untuk memprotek gambar atau video kita agar tidak ditandai (tags) oleh orang lain.

Selanjutnya tiap bagian ini akan dibahasa satu-persatu

Untuk mengatur Profile Review seperti dijelaskan di atas.
  1. Klik edit (no 2).

  2. Apabila status pada No. 2a adalah “profile review off” anda diminta untuk click tombol “turn on Profile review” (No. 2b)

  3. Klik done
13148669021509530895

Contoh Penggunaan
Apabila settingan/pengaturan diatas anda lakukan dengan benar. Apabila seseorang “mentions” (menyebutkan)  atau “tag” (menandai) anda pada postingan mereka, maka postingan tersebut tidak langsung muncul pada wall anda. Namun dibawah Photos Profile   anda  (tepatnya dibawah menu/icon wall) akan terdapat pesan“Pending Post” (No, 2C). Pada contoh dibawah terdapat 2 pending post


Pada saat klik “Pending Post” anda akan melihat daftar postingan teman anda yang menyebutkan (mentions - No.2e) atau menandai anda  (Tagged - No. 2d). Anda dapat menerima atau menyetujui semuanya untuk tampil pada wall anda dengan cara klik tombol“Approve All Post” (no. 2.f), apabila anda ingin menentukan satu persatu anda dapat memilih tanda X (untuk membatalkan/menolak) atau √  (untuk menyetujui) - No. 2g.

Untuk mengatur Tag Review seperti dijelaskan di atas.
  1. Klik edit (no 3).  - Lihat gambar pada langkah ke 2 ditas

  2. Apabila status pada No. 3a adalah “tag review is current off”anda diminta untuk click tombol “turn on Tag review” (No. 3b)

  3. Klik done
Contoh Penggunaan
Apabila teman atau orang lain, menandai foto/gambar atau video yang anda miliki, proses tersebut tidak akan langsung diterima/berjalan karena harus meminta persetujuan anda terlebih dahulu. Apabila hal tersebut dilakukan, pada “notifications” (lihat gambar dibawah) akan terlihat pesan, bahwa teman anda meminta persetujuan untuk menerima penandaan/tag yang dia lakukan pada video/gambar/foto anda (no. 3c) 


Apabila anda memilih (klik) Notifikasi No. 3C, selanjutnya anda diminta memilih tanda  X (untuk membatalkan) atau √  (untuk menyetujui) - No. 3d pada gambar dibawah.

No comments:

Post a Comment