Saturday, March 9, 2013

Cara Menggunakan Fungsi Circle Google+ pada Facebook




Sejak diluncurkanya Google+ versi beta, banyak orang cukup terkesima dengan fasilitas yang disediakan melalui jejaring sosial baru ini. Salah satu fasilitas yang dianggap oleh pengguna google+ sebagai fasilitas yang cukup bermanfaat dan membedakannya dengan facebook adalah circle atau lingkaran. Melalui circle pengguna google+ dapat mengatur semua orang  sesuai dengan hubungan sosial di kehidupan nyata misalnya, ‘keluarga’, ‘rekan kerja’, ‘teman bermain musik’, dan ‘alumni’ dan lain sebagainya. Melalui lingkaran, kita dapat berbagi konten yang relevan dengan orang yang tepat dan mengikuti konten yang diposkan oleh orang lain yang menurut kita menarik. Misalnya, kita dapat mengeposkan pengumuman tentang pertunangan, kita hanya dapat menunjukkannya kepada orang-orang di lingkaran teman dan keluarga, atau lingkaran khusus yang relevan.

Keberadaan circle atau lingkaran ini seolah-olah menempatkan facebook pada jejaring sosial yang tidak memperhatikan privacy seseorang. Anggapan seperti ini rasanya agak sedikit berlebihan, karena Facebook sendiri juga menyediakan fasilitas untuk mengatur privacy penggunanya. Untuk berbagi posting (status, link atau video) dalam kaitanya dengan fungsi circle pada google+, memang secara ‘default’ Facebook hanya menyediakan beberapa pilihan yaitu dapat diperlihatan kepada semua orang, teman dari teman, teman saja atau beberapa orang yang ditentukan secara khusus.

1313692455164381323Dalam persaingannya menghadapi google+, facebook terus berupaya meningkatkan fasilitas tambahan demi kepuasan dan kenyamanan penggunanya. Beberapa pembenahan telah dilakukan namun bagaimana dengan keinginan penggunanya agar dapat merasakan manfaat seperti halnya circle, apakah facebook dapat menyediakannya kelak ? Jawabannya mungkin saja, walau saat ini belum ada tanda-tandanya ke arah sana. Namun demikian, bagi anda pengguna facebook keinginan tersebut sudah dapat anda rasakan dengan menggunakan plugin atau extensions. Bahkan melalui extensions ini, anda dapat juga  merasakan beberapa fungsi dari fasilitas yang disedikan oleh google+, misalnya mute post. Untuk  menyediakan fungsi yang sama seperti circle pada google+, sebenarnya ekstensions ini adalah merupakan pengembangkan lebih lanjut dari ‘friends list’ yang sudah dimiliki oleh Facebook sejak lama.

Ada tidak percaya kalau dapat merasakan fungsi circle pada facebook ? 

Mari ikuti petunjuk berikut ini (dalam contoh menggunakan browser Mozilla Firefox)

Langkah Pertama
  1. Buka situs http://betterfacebook.net

  2. Pilih ekstensions menurut jenis browser yang anda gunakan (Mozilla, Google Chrome, Safari, opera, grease-monkey), namun tidak tersedia untuk pengguna Internet Explorer.

  3. Lakukan instalasi extensions sampai selesai

  4. Restart browser
13136883211353794566
Langkah Kedua (lihat gambar)

1313688616553159471
  1. Login Facebook anda

  2. Apabila terdapat petunjuk arahan dari betterfacebook, tutup saja.

  3. Pilih menu account kemudian klik  edit friend

  4. klik  13136884861801879347

  5. Masukan nama circle atau list friend anda (no.1)

  6. Cari teman yang sesuai dengan nama circle yang anda buat di atas (no. 2)

  7. Klik pada nama user/teman yang ditemukan (no. 3)

  8. Ulangin langkah ke 6 dan ke 7 sampai semua teman/user dalam circle yang ditentukan telah terpilih

  9. Klik create list untuk mengakhiri ( no. 4)

  10. Sekarang anda sudah memiliki nama circle atau list friend (dalam contoh saya beri nama kompasianer)

  11. Untuk membuat circle atau list friend baru ulangi langkah di atas
Alternatif Lain
Ada alternatif lain membuat circle, menambahkan dan mengedit friend list Facebook. Tampilanya mirip dengan manajemen circle di google+. Aplikasi facebook ini dibuat oleh engineer facebook tetapi bukan menjadi applikasi resmi facebook. Cara menggunakannya :
  1. Login facebook

  2. Buka url http://circlehack.com (  Kalau anda belum login facebook, akan diminta otorisasi login)

  3. Ijinkan aplikasi mengakses data anda

  4. Buat Circle dan drag and drop user pada circle yang dituju. Hal ini sama persis ketika anda menggunakan google+ (lihat tampilan dibawah)
13137100872112831211
Langkah Ketiga (lihat gambar)
Pada langkah ini, anda akan mencoba membagikan postingan anda (status, link,  Photo atau video). Dalam contoh berikut ini kita mencoba membagikan status pada circle yang dibuat di atas
    13137115821178178844
  1. Masukan status anda seperti biasanya (no. 5)

  2. Klik Post privacy/friend circles  (mo. 6). Kalau belum muncul, tunggu beberapa saat sampai proses loading circles selesai. Untuk  membagi link, fasilitas ini akan keluar setelah proses  attach link.

  3. Pilihan warna hijau (no. 7) adalah tujuan postingan yang anda tuju (boleh lebih dari satu, seperti halanya circle pada google+)

  4. Pilihan warna merah (no.8)  ini adalah pilihan alternatif  apabila anda ingin membagi postingan anda pada semua orang namun mengecualikan circle ini  (boleh lebih dari satu).

  5. Cara ke 3 dan ke 4 boleh dikawinkan asalkan anda mengerti tujuannya, misalnya pada circle A terdapat Amat, Amit, Emat dan pada circle B terdapat Emat. Apabila anda akan membagi kepada Amat dan Amit Saja, anda dapat pilih circle A yang berwana hijau kemudian memilih circle B pada warna merah.

  6. Klik share seperti biasanya  (no. 9)

  7. Langkah-langkah di atas dapat anda lakukan juga untuk photos, video, maupun link
Untuk membuktikan apakah memang postingan anda ditujukan pada circle yang dituju (dalam contoh circle kompasianer) .
  1. Tanyakan pada teman anda yang tidak termasuk pada circle tersebut, apakah melihat postingan anda atau tidak (baik pada news feed maupun wall anda ). Kalau anda memiliki dua akun Facebook, anda dapat mencobanya sendiri. Namun yang pasti saya sudah mencoba dan berhasil :)

  2. Dekatkan pointer mouse pada  tanda kunci di postingan anda tersebut. Lihat bahwa yang dibagikan adalah circle yang dituju (dalam contoh kompasianer). Lihat gambar dibawah
1313711652662692825
Mudah bukan ?
Edit List Friend/Circles (Alternatif  lain dan merupakan cara tercepat. gunakan circlehack.com yang dibahas di atas)
Untuk menambahkan teman pada list friend atau circles
  1. Login Facebook anda

  2. Pilih menu account kemudian klik  edit friend

  3. Pada bagian sebelah kiri, klik nama circle atau list friend yang ingin di edit (lihat gambar disamping ini)13137065291039217594

  4. Untuk menambahkan teman pada lingkarang tersebut klik 13137062751338715231

  5. Cari teman yang ingin anda tambahkan.

  6. Kalau sudah dapat klik pada avatarnya untuk menandai

  7. Ulangi lagi langkah ke 5 dan 6

  8. Untuk mengganti nama circle click edit

  9. Kalau sudah selesai klik Save List
Untuk Menghapus atau memindahkan teman atau user pada circle
  1. Ikuti langkah  1, 2 dan 3 di atas

  2. Lihat pada daftar teman di samping kanan

  3. Dekatkan pointer mouse pada nama teman

  4. klik edit list (lihat gambar dibawah)

  5. Berikan tanda centang pada list circle yang dituju untuk teman yang bersangkutan

  6. Hilangkan tanda centang pada list circle untuk memindahkan teman anda dari circle yang dipilih

  7. Klick tanda silang (x) untuk mengeluarkannya dari circle aktif (yang dipilih saat ini)
13137071551259338649
Fasilitas lain (dari extensions ini)
Untuk fasilitas lain dari extension ini cukup banyak, namun  selain  circle di atas yang berpengaruh pada tampilan user lain, fasilitas lainya hanya sebagai kenyamanan anda. Misalnya  (lihat gambar)
13136906541691478637
  1. Gambar di atas dapat anda lihat di pojok kanan atas postingan

  2. Untuk menandai bahwa postingan anda sudah dibaca, kemudian menyembunyikanya (e). Namun saat ada yang mengomentari, postinganya tersebut akan tampil kembali

  3. Untuk menandai bahwa postingan tersebut belum dibaca (c)atau untuk membatalkan pilihan ke 2 di atas. Icon ini akan muncul apabila anda reload facebook anda.

  4. Untuk mematikan  (fungsi mute pada google+) postingan teman-teman yang mengganggu anda pada News Feed facebook (pada bagian home). Atau untuk hal yang sama pada postingan anda di wall (d)

  5. (a) untuk memperlihatkan kode sumber proses postingan itu dibuat. (b) untuk pencarian google dengan cara cepat sesuai dengan judul posting, sedangkan (f) untuk menghapus/hide postingan
Fasilitas di atas berhungan erat dengan beberapa icon atau menu baru yang terlihat di atas share bar. Lihat gambar dibawah.
13136912381172618399
  1. Mark all read  akan mengosongkan wall atau news feed anda

  2. Show/Hide All akan menampikan dan menyembunyikan postingan yang sudah ditandai pada penggunaan beberapa icon di atas.

  3. Mute All untuk menyembunyikan semua postingan
Untuk  fasilitas lainnya dapat anda pilih sendiri dengan klik menu  options seperti gambar dibawah ini
1313691651598277336
Sebagai catatan, perlu anda ingat bahwa pembahasan pada tulisan ini hanya ditujukan pada pemanfaatan circle. Sedangkan fasilitas yang lain belum dicoba secara menyeluruh.  Kesalahan pemilihan fasiltas yang banyak tersedia tersebut dapat menyebabkan proses loading facebook anda menjadi lambat. Oleh karena itu disarankan, gunakan fasilitas sesuai kebutuhan anda. Saya hanya baru bisa menyarankan menggunakan fasilitas circle atau manajemen posting di atas.
Catatan lainnya, proses diatas dilakukan dengan asumsi setting privacy untuk wall, tag, photo, album dalam posisi default (belum dirubah)
Sekarang anda sudah dapat membagi postingan seperti layaknya anda menggunakan circle pada google+.

No comments:

Post a Comment