Friday, March 1, 2013

Pakai Trik Jitu Ini Agar Tak Menangis Saat Mengiris Bawang





Meski lumrah, 'menangis' ketika mengiris bawang merah atau bawang Bombay terasa mengganggu. Kita jadi berhenti sejenak untuk meredakan mata yang perih, membuat waktu memasak jadi lebih lama. Biasanya tiap orang punya caranya sendiri untuk mengatasi hal ini. Mana yang paling ampuh?

Ada puluhan cara mencegah mata perih saat mengiris bawang, mulai dari memakai softlens sampai menggigit roti. Joe Satran dari Huffington Post (26/02/13) menguji hampir seluruh trik tersebut untuk mengetahui keampuhannya. Inilah 6 trik paling manjur untuk mencegah 'nangis Bombay':


1. Bekukan bawang
Bawang yang dibekukan setengah jam sebelum diiris tak membuat Anda 'menangis'. Namun, selain tak bisa dilakukan dadakan, cara ini membuat irisan bawang menjadi dingin. Kurang pas jika Anda akan menyajikannya mentah-mentah.

2. Potong bawang di bawah air mengalir
Memotong bawang di bawah air mengalir terbukti tak menyebabkan air mata ikut mengalir. Hanya saja bawang yang telah terpotong-potong jadi menyerap air dan potongannya jadi kurang rapi. Jari-jari Andapun jadi mati rasa karena terus terkena air dingin. Cara ini juga kurang ramah lingkungan karena membuang-buang air.

3. Sisakan akar bawang
Jangan memotong bagian akarnya terlebih dahulu jika tak ingin mata menjadi perih. Gunakan teknik memotong bawang Bombay menjadi bentuk dadu a la para chef. Belah dua secara melintang (dari ujung ke akar bawang), lalu iris bawang tanpa mengenai akarnya. Selain tak membuat mata berair, teknik ini juga lebih menghemat waktu dibanding mengiris bawang cara biasa. Pastikan pisau Anda tajam agar lebih mudah mengiris bawang.

4. Menyalakan lilin
Dekat talenan untuk memotong bawang, sediakanlah lilin yang menyala. Menurut Satran, setiap kali ia mengiris, apinya jadi lebih besar dan terang. "Mungkin api lilin membakar gas pengiritasi dari bawang," ia menduga. Selain ampuh, cara ini juga mudah dilakukan.

5. Memakai kacamata
Agar gas dari bawang tak mengenai mata, pakailah kacamata yang rapat menempel ke sekitar mata. Misalnya, kacamata renang atau kacamata khusus untuk mengiris bawang. Alat ini ampuh jika dipakai sebelum memotong bawang. Namun, jika sudah terlanjur mengiris bawang baru memakai kacamata, gas yang terperangkap dalam kacamata bisa membuat perihnya semakin parah!

Sumber : detikFood
 

No comments:

Post a Comment