Saturday, December 15, 2012

Cara Mudah Bermain Game Konsol via Tablet Android


Tablet Android kini mulai banyak dicari masyarakat. Dan, harga yang ditawarkan oleh para produsen pun cukup beragam, dari tablet dengan budget rendah hingga tablet dengan harga selangit. Dan memang, tablet Android memiliki beragam fungsi, terutama untuk entertainment. Salah satunya adalah menggunakan sebuah tablet Android sebagai sarana bermaian game konsol.


Di Google Play, terdapat beberapa pilihan aplikasi yang berfungsi sebagai emulator. Dari emulator untuk PlayStation, Game Boy, Nintendo DS dan lain-lain. Pada kesempatan kali ini, kami memberikan tips dan trik untuk memainkan game konsol PlayStation 1 melalui tablet Android.

PlayStation menjanjikan bervariasi jenis game yang bisa dimainkan. Dari game Final Fantasy, Harvest Moon, Crash Racing Team (CRT), Parasite Eve dan lain-lain. Tentunya hal ini sangat pas bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan game–game jadul tersebut. Berikut ini adalah hal-hal yang Anda butuhkan untuk memainkan game di tablet Android:

Kabel OTG micro USB to USB Female
Sebuah tablet Android tidak dilengkapi dengan port USB, melainkan mini USB. Oleh karena itu, Anda membutuhkan kabel konverter yang satu ini untuk menghubungkan tablet dengan stick PlayStation.


Stick Playstation
Stick ini merupakan sarana Anda untuk bermain game PlayStation dengan nyaman. Selain Stick PlayStation, Anda juga bisa menggunakan stick lainnya seperti Stick Xbox.

Update OS Android 3.1 atau Versi diAtasnya untuk Tablet

Hal ini perlu Anda lakukan bagi pengguna tablet dengan sistem operasi Android Froyo 2.2, Android Gingerbread 2.3 atau versi lain di bawahnya.

Emulator

Anda bisa memilih berbagai opsi emulator yang tersedia di Google Play. Salah satunya, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi emulator PlayStation bernama FPse for Android yang bisa diunduh di sini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.emulator.fpse. Sayangnya, ini bukanlah sebuah aplikasi gratis. Anda diharuskan untuk membayar $3.76 USD untuk mengunduh aplikasi yang satu ini. Anda juga bisa dengan mudah menemukan aplikasi emulator untuk Android lainnya yang bisa diunduh secara gratis di internet.

Selain membutuhkan file emulator, Anda juga harus mengunduh file pendukung lain, yakni PSX Bios. Anda bisa mengunduh file tersebut di sini 


Kalau tidak, Anda juga bisa dengan mudah mengetik nama file SCPH1001.BIN di Google, dan Anda akan menemukannya.

Setelah kedua file tersebut sudah Anda download, Anda bisa menginstall emulator Fpse terlebih dahulu. Sebaiknya, Anda menginstall aplikasi emulator pada SD card. Selanjutnya, Anda perlu melakukan pengaturan Bios dan save setting.

Rom

Rom ini merupakan pengganti dari piringan yang digunakan pada PlayStation dan merupakan sebuah file image. Beberapa ekstensi file ini antara lain adalah .img, .iso, .nrg, .mdf dan lain-lain. Tempat download rom pun banyak tersedia di internet. Namun, kebanyakan jenis format file yang banyak tersedia untuk rom PlayStation adalah format file .iso. Salah satunya, Anda bisa menuju ke sini http://www.emuparadise.me.

Tertarik untuk mencoba? Selain game konsol PlayStation, di Google Play juga terdapat emulator lain, seperti MAME, GBA, NDS dan lain-lain. Dan, langkah yang diperlukan tidak serumit pengaturan PlayStation.

No comments:

Post a Comment