Saturday, May 5, 2012

Mengatasi Tombol Keyboard Error di Notebook atau Laptop



Pakai keyboard di notebook atau laptop seringkali menjengkelkan.  Ketika sedang asyik mengetik, tiba-tiba kursor loncat kesana-kemari,  kalau tidak hati-hati dan teliti jadi kacau kan? Juga bila saat itu juga sedang fbkan, tiba-tiba kursor nyelonong kemana-mana.  Ada lagi, ketika kita tekan tombol U yang keluar angka 4, kita tekan tombol i yang keluar angka 5. Hahaha… jadi sebel kan? . Lantas adakah solusinya?

Tampaknya kecenderungan keyboard yang “ngaco” model begini ini  terjadi pada hampir semua jenis laptop atau notebook, bahkan mungkin semua laptop dan netbook . Baiklah ini solusinya.

Langkah termudah adalah menggunakan keyboard eksternal. 

Jadi beli  aja keyboard untuk PC Desktop, kalau merasa risih karena kegedeaan ada kok keyboard eksternal yang berukuran kecil, tinggal pilih aja. Tentu saja pilih keyboard yang USB jangan yang PS2. Dijamin deh gak ada lagi kursor yang suka loncat dan nyelonong kemana-mana, silakan ngetik ngebut dijamin aman. Saya sendiri selalu pakai keyboard eksternal kalau mau mengetik cukup banyak. apalagi keyboard laptop atau netbook agak rentan alias gampang rusak, mengetiknyapun harus pelan, demikian pula menekan tombolnya pun harus lunak tidak boleh terlalu menekan, kalau tidak akan cepat rusak. kadang bunyi teet teet teet, kadang kursor berjalan sendiri atau mengeluarkan huruf yg sama beberapa kali. kalau sudah begini siap ganti aja deh keyboardnya, sayang harganya masih mahal. Solusi termudah ya itu tadi, beli keyboard eksternal.

Akan tetapi jangan gembira dulu, seringkali ketika habis pakai keyboard eksternal, setelah keyboard kita cabut dan kita guna kan keyboard bawaan laptop  ada yang berubah: ketika kita tekan tombol  m, j, k, l, u, I, o yang muncul adalah angka 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6. Nah lho… jadi repot lagi kan? Jangan panik, ini berarti terjadi pertukaran tombol fungsi Fn.  Tombol Fn ini memang hanya ada pada keyboard di notebook atau laptop.

Kembali ke cara mengatasi fungsi tombol Fn yang terbalik secara tak sengaja, begini caranya tekan aja tombol Fn tahan dan jangan dilepas, lalu tekan tombol fungsi numeric.  Tombol numeric ini kalau di laptop q sih berada di deretan paling atas sejajar dengan tombol fungsi F1-F12, bertuliskan Insert dan NumLK. Setelah itu lepaskan kedua tombol tersebut.  Sekarang coba tekan tombol  u, kalau masih muncul angka 4 berarti belum berhasil, ulangi sekali lagi.

Pada intinya fungsi tombol ini mirip tombol caps lock, ditekan sekali berubah menjadi huruf capital, ditekan lagi tombol capslock  berubah kembali ke huruf kecil.

Nah, gimana, ada masukan? Usulan? Tanggapan? 

4 comments:

  1. hahahh sempat panik aku pas coba pake keyboard external di laptop...terus ku cabut kok malah ngaco bgni. ku kira keyboard laptopku rusak tdnya mau di bawa ke cerviche centre asus eh untuk ada teman yg ngasih tau persis dgn artikel ini...hoho tanks ya

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah... saya sempat stress karena mengalami masalah keyboard ngaco. kirain keyboardnya rusak, dah kebayang berapa harus mengeluarkan biaya untuk servis, ehh ternyata solusinya sangat sangat mudah, terima kasih atas infonya. jazakalloh

    ReplyDelete
  3. terima kasih bos, good trick

    ReplyDelete
  4. wahh keren nih,,udah hampir ane ke tulang service juga,,untung ane baca nih blog,,thanks gan.bermanfaat sekali

    ReplyDelete