Friday, May 25, 2012

Computer Tidak bisa masuk ke WINDOWS ......



Ketika komputer baru menyala dan tidak mau masuk ke windows dengan tulisan error atau hanya menampilkan blue screen, bisa disebabkan oleh banyak hal, antara lain :

1. Ada file dalam Sistem operasi Windows yang tidak sengaja terhapus

2. Ada virus, spyware atau trojan yang ikut 'loading' ketika komputer startup

3. Ada file (driver) rusak yang rusak, dan ketika dibaca oleh Windows gagal

4. Ada kerusakan pada hardware, terutama pada memori komputer atau harddisk

5. Sistem operasi Windows rusak atau belum selesai diinstalasi

6. Ada setting BIOS yang di-setting tidak benar atau baru diubah

Berikut adalah solusi untuk menghadapi masalah-masalah di atas yang bisa anda lakukan.

1. Startup dengan menggunakan metode 'safe mode' (tekan F8 atau F5 ketika komputer pertama kali mau masuk ke Windows, lalu pilih 'safe mode'). Kalau komputer berhasil masuk ke Windows berarti ada 'loading' yang tidak bisa dibaca oleh Windows secara benar. Matikan 'loading' tersebut dengan menggunakan perintah 'msconfig' pada bagian startup (panggilnya di start>run>msconfig)

2. Kalau komputer tidak bisa masuk ke Windows, cara termudah adalah repair Windows. Caranya adalah masukkan CD instalasi Windows, lalu ubah BIOS untuk startup lewat CD/DVD-ROM, setelah instalasi masuk ke bagian install Windows, pilihan opsi repair Windows. Anda bisa menginstall ulang Windows ke folder baru atau menformat harddisk bila ternyata repair Windows gagal.

3. Pastikan bahwa Anda tidak mengubah setting BIOS sebelumnya, kalau ada Anda sebaiknya mengembalikannya seperti semula, kalau lupa sebaiknya pilih opsi 'Loading BIOS default'.

4. Bila langkah-langkah di atas gagal semua, kemungkinan ada kerusakan pada hardware. Kerusakan pada umumnya terletak pada memori dan harddisk. VGA dan mainboard mungkin juga bisa rusak, tapi kemungkinannya sangat kecil.

5. Kerusakan driver VGA card bisa juga menyebabkan Windows tidak bisa masuk. Kalau hal itu terjadi, Anda harus startup di mode 'safe mode' lalu uninstall driver VGA yang rusak terlebih dahulu, dan baru install kembali driver VGA yang benar ketika masuk ke Windows secara normal.

Itulah langkah-langkah pertama yang bisa anda lakukan untung mengatasi error saat masuk windows baik itu blue screen atau yang lainnya. Jika masih saja bermasalah yang bisa anda lakukan adalah install ulang windows atau bawa ke tukang service.

Semoga Bermanfaat…

No comments:

Post a Comment