Monday, September 2, 2013

7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul


Perkembangan dunia gadget sekarang ini memang semakin tinggi saja dengan smartphone dan tablet, bahkan baru-baru ini beredar inovasi jam tangan canggih. Namun sadarkah anda semenjak kemunculan smartphone seperti sekarang ini yang begitu canggih karena fitur-fiturnya, telah mampu mengikiskan keberadaan ponsel lama.
Meskipun ponsel sekarang ini terbilang sangat kompleks berkat dukungan dari segi software dan hardwarenya, namun ternyata masih ada beberapa hal yang mungkin patut dirindukan di dalam ponsel jadul.
Bagi anda yang lahir di tahun 2000-an pastinya sangat kental dengan model-model ponsel seperti Nokia 3310, Siemens A55, Sony Ericsson, dan lainnya. Jika dibandingankan ponsel jadul dengan ponsel jaman sekarang memang sangat lah jauh, akan tetapi jangan salah. Ponsel jadul masih memiliki kelebihan dan keunikan di bandingkan ponsel canggih sekarang.
Anda penasaran apa saja fitur dan kelebihan pada ponsel jaman dahulu yang mungkin masih sangat dirindukan? Berikut ini 7 kelebihan pada ponsel jadul.
1. Logo Operator
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Jika ponsel sekarang memiliki warna pada layarnya dan ponsel jadul yang masih berwarna hitam putih alias monokrom, namun dengan keterbatasan tersebut membuat keasyikan dan keunikan tersendiri bagi ponsel jadul. Bahkan ada yang menilai memiliki kreativitas.
Contohnya pada bagian utama ponsel atau menu utama. Jika dahulu pada menu utama ponsel terdapat logo operator dan bisa diganti dengan sebuah gambar atau tulisan, desainnya pun bermacam-macam. Secara pengoprasian ponsel jadul memang hanya sederhana saja dibandingkan dengan pengaturan layar yang sangat beragam pada ponsel canggih sekarang ini.
2. Casing Bisa Diganti
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Pada ponsel jaman dahulu untuk spesifikasi hardware dan softwarenya memang masih sangat terbatas, sehingga tidak banyak yang bisa diunggulkan oleh para pengguna pada ponsel jadul. Menyadari hal tersebut, beberapa produsen ponsel jadul menghadirkan ide unik dengan bisa merubah casing pada ponsel.
Salah satu produsen yang sangat gencar menawarkan ponsel dengan casing yang bisa diganti-ganti oleh pengguna sesuai dengan keinginan adalah Nokia. Sebelumnya juga terdapat produsen Siemens, akan tetapi sudah mengalami kebangkrutan .
Meskipun beberapa smartphone sekarang ini juga bisa diganti casing, namun tidak seperti ponsel jadul yang masih memiliki ciri khas tersendiri bagi yang merindukan keberadaan ponsel jaman dahulu.
3. Permainan
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Permainan pada ponsel dahulu tidak ada apa-apanya memang jika dibandingkan dengan ponsel canggih pada jaman sekarang ini yang memiliki grafis atau permainan tingkat tinggi. Akan tetapi jangan salah, malah permainan pada ponsel jadul masih bisa membuat sebagian orang kecanduan.
Misalnya permainan pada Nokia. Produsen Nokia sendiri telah menghadirkan permainan khasnya yang sudah langsung terinstall pada ponsel seperti Snake atau ular. Permainan ini mengharuskan pemain untuk dapat membuat tubuh ular yang sangat panjang dan tidak boleh membentur batas.
Jika anda yang dulunya sangat suka bermain game tersebut, tentunya sangat merindukan sekali dan mungkin ingin kembali memainkan game ini. Meskipun pada smartphone juga telah tersedia game serupa, namun ciri khas game ular sangat kental pada ponsel jadul.
4. Baterai yang Tahan Lama
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Smartphone sekarang ini memang sangat canggih dengan beragam fitur dan layar besar, akan tetapi dengan kelebihan tersebut yang membuat smartphone sekarang ini sangatlah boros dalam penggunaan baterai.
Hal ini yang masih dirindukan pada ponsel jaman dahulu. Spesifikasinya yang sederhana dengan layar hitam putih membuat ponsel dahulu sangat awet dalam penggunaan baterai. Pengguna cukup sekali mengisi baterai sudah dapat bertahan sampai beberapa hari kedapan.
Berbanding terbalik dengan ponsel sekarang ini, pemilik harus mengisi ulang beterai beberapa kali sehari dan bahkan harus membawa power bank kemana-mana.
5. Tahan Banting
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Jika dilihat pada smartphone sekarang ini, para produsen harus mempromosikan fitur tahan banting agar dapat menarik konsumennya dan memberikan perbedaan kepada pesaingnya. Sangat berbeda dengan ponsel jadul, meskipun tanpa berlabel tahan banting, ponsel jadul sudah memiliki desain yang cukup kuat. Sekalipun terjatuh, ponsel jaman dahulu tetap kebal.
Meskipun sebagian pernah mengalami kerusakan pada ponsel jadul saat setelah terjatuh seperti casing yang miring, namun beberapa pengguna yang memiliki ide untuk mengakalinya, yaitu dengan merekatkan menggunakan karet dan memberikan aselotip.
6. Ringtone Composer
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Kerinduan terhadap ponsel jaman dahulu adalah terdapatnya fitur dimana pengguna dapat membuat ringtone sendiri atau ringtone composer. Yah meskipun dalam membuat ala kadarnya, namun hal tersebut masih dapat menghadrikan keasyikan tersendiri.
Dan bahkan terdapat juga buku yang berisikan cara membuat nada dering dengan irama lagu. Jaman dahulu buku semacam ini sangat laris dibeli.
7. Desain yang Unik
7 Hal yang Masih Dirindukan dari Ponsel Jadul
Smartphone sekarang ini memang kebanyakan memiliki desain yang seragam yaitu touch screen atau layar sentuh yang memiliki layar besar dan sedikit tombol.
Jika ponsel jaman dahulu bisa dibilang memiliki bermacam-macam desain, uniknya malah sebagian desain terlihat unik dan bahkan nyeleneh atau aneh. Salah satunya produsen Nokia yang dahulunya sangat besar namanya dan terkenal dengan beragam ponsel plus desain yang menarik.
Itulah ke 7 ulasan tentang ponsel jaman dahulu yang mungkin saat ini masih dirindukan sebagian orang dijaman sekarang ini yang kemajuan dalam dunia ponsel semakin berkembang dari hari ke hari.

No comments:

Post a Comment