Monday, September 9, 2013

Gunakan Earphone, Tingkatkan Jumlah Bakteri di Telinga?


Memakai dan memfungsikan earphone sebagai benda yang perlu dibawa kemana-mana sepertinya saat ini sudah menjadi tren di kalangan para gadgeter semuanya. Hal ini sejalan dengan hadirnya beberapa gadget dan juga musik player. Memang dengan menggunakan earphone kita bisa mendengarkan musik tanpa harus mengganggu orang lain yang tidak suka dengan musik baik itu di tengah keramaian atau sedang sendirian. Akan tetapi, sebuah studi menyatakan bahwa memakai Earphone juga memiliki berbagai dampak buruk bagi kesehatan telinga.
Sebelumnya para ahli juga telah menemukan fakta bahwa menggunakan earphone dengan volume yang lebih keras dapat menganggu pendengaran manusia. Kini sebuah fakta baru ditemukan bahwa Earphone adalah salah satu benda yang penuh dengan kuman. Menggunakan earphone dapat meningkatkan jumlah bakteri yang ada di telinga.
EarphoneDari sebuah laporan Manchester Evening News, yang menyebutkan dalam kesehatan Online Journal of Health and Allied Science diungkapkan bahwa sering menggunakan earphone dalam jangka waktu yang lama setidaknya minimal 1 jam dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di telinga.
Tidak hanya dalam jurnal tersebut, dalam jurnal medis Laryngoscop dimana disebutkan bahwa setelah mendengarkan  musik selama 1 jam bakteri meningkat dari 60 mikro-organisme menjadi sekitar 650 hingga 700 mikroorganisme.
Selain itu, para ahli dari Universitas Manipal, India juga menemukan bahwa menggunakan earphone bergantian adalah salah satu cara mentransfer bakteri dari telinga satu orang ke orang lain. Pernyataan tersebut merupakan hasil studi yang dilakukan terhadap 50 relawan yang berusia antara 18 hingga 25 tahun. Yang dibagi menjadi dua kelompok. Dan kemudian mengambil sampel bakteri pada telinga.
Namun, dari penemuan fakta tentang Earphone tersebut, Dr Chiranjay Mukhopadhyay, selaku pemimpin dari penelitian tersebut kemudian menyarankan agar sebelum menggunakan earphone baik itu punya sendiri atau meminjam dari orang lain akan lebih baik jika terlebih dahulu earphonenya di bersihkan.

No comments:

Post a Comment