Wednesday, October 30, 2013

Cara Mengamankan Privasi Kamu di WeChat


Kamu salah satu pengguna aplikasi chatting WeChat? Pernahkah terpikir untuk mengamankan informasi pribadi kamu agar tidak disalahgunakan orang lain? WeChat sebenarnya sudah menyediakan fasilitas pelindung informasi ini.
Pengguna WeChat yang kian banyak di Indonesia (dan seluruh dunia) bukan tidak mungkin bakal memang bakal menjadi ancaman tersediri, utamanya soal informasi pribadi yang terkait dengan profil, lokasi kamu dan kenyamanan konfirmasi dua arah.
Konfirmasi dua arah terkait sesi obrolan kamu terhadap teman, rekan atau bahkan orang asing yang coba menghubungi kamu. Sedang profil terkait data dan informasi pribadi yang bisa dilihat oleh orang lain. Yang terakhir posisi kamu yang bisa diketahui dari informasi yang dibaca dan dikirim GPS dari perangkat yang terpasang WeChat. Berikut ini beberapa informasi terkait tiga hal tadi.
Konfirmasi dua arah untuk memulai chat
Saat memakai WeChat, kita tidak bisa langsung menambahkan kontak hanya dari nomor telepon. Pihak lain setidaknya haru menyetujui permintaan kamu untuk menjadi teman, begitu pun sebaliknya. WeChat pun tidak menampilkan nomor telepon dengan alasan untuk melindungi data pribadi.
Untuk menambah teman, berikut langkah yang harus kamu lakukan:
1. Ketik WeChat ID teman kamu, atau informasi lain yang diperlukan
addkontak-1
2. Pilih “Add”
addkontak-2
3. Ketik pesan permintaan pertemanan.
addkontak-3
4. Di ponsel teman kamu akan muncul permintaan tadi.
addkontak-4
5. Setelah permintaan disetujui, kamu akan mendapat pemberitahuan.
addkontak-5
6. Kamu sudah bisa mengirim pesan ke teman baru tadi.
addkontak-6

Menonaktifkan layanan berbasis lokasi
Informasi lokasi berguna untuk menambah teman di sekitar kamu. Tapi kalau kamu tidak mau lokasi kamu terpublikasi sehingga tidak bisa ditemukan di fitur “Shake” dan “Nearby” WeChat, ini yang mesti kamu lakukan.
1. Buka menu Discover – “People Nearby”
location-1
2. Kamu akan melihat orang-orang yang sedang online di sekitar kamu.
location-2
3. Pilih “Clear Data and Exit”.
location-3
4. Tekan OK untuk konfirmasi.
location-34jpg

Mengoptimalkan tingkat privasi
WeChat menyediakan pilihan untuk bagaimana pengguna ingin ditemukan oleh teman-teman. Pengguna dapat menonaktifkan “Find Me by Phone” dan” Find Mobile Contacts ” untuk melindungi nomor telepon mereka agar tidak terlihat.
Selain pengaturan ini, untuk lebih meningkatkan tingkat keamanan, pengguna WeChat juga dapat melindungi privasi dengan membatasi siapa yang dapat melihat posting, foto dan komentar di “Moments”, memastikan mereka hanya berbagi dan berinteraksi dengan teman yang ada dikontak.
1. Buka menu Me – Settings
privasi-1
2. Pilih “Privacy”
privasi-2
3. Nonaktifkan “Find Me by Phone” dan “Find Mobile Contacts” .
privasi-3
Sampai sini, privasi informasi kamu bakal lebih terjaga.

No comments:

Post a Comment