Friday, October 25, 2013

3 Masalah Pada USB yang Sering Ditemui dan Solusinya


USB, setiap hari kita selalu menggunakan media ini baik saat bekerja atau menikmati multimedia. Barangkali port ini yang paling sering digunakan oleh orang dibandingkan bluetooth atau DVD reader. Karena sering digunakan terkadang tool ini protes dengan menimbulkan berbagai macam masalah dan membuat pusing kepala.

Secara umum saya akan ulas 3 masalah di USB yang sering ditemukan beserta solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Meskipun solusi ini terbukti mampu mengatasi permasalahan Anda, namun kondisinya bisa saja tidak sesuai dengan harapan karena ada faktor lain yang juga mempengaruhi hasil akhir, salah satunya pemahaman Anda. So, perhatikan ya.

USB Flash Disk Tak Dikenali

Masalah pertama yang paling sering ditemukan adalah saat tiba-tiba entah mengapa USB tidak mengenali Flash Disk yang dicolokkan ke port.

USB tidak dikenali dan solusinya
  • Solusi pertama coba matikan komputer Anda dan cabut colokan power sepenuhnya kemudian hidupkan kembali komputer Anda dan coba colokkan flashdisk sekali lagi. Jika masih muncul pesan eror di atas maka lakukan cara kedua.
  • Klik tombol Start dan klik kanan pada panel Computer – Manage – Computer Management dan Device Manager. Di panel bagian kanan temukan Universal Serial Bus controllers dan cari driver yang bertanda seru warna kuning.
Mengatasi Unknown Device pada USB
  • Double klik dan pilih tab Driver, kemudian uninstal driver tersebut. Instal kembali driver tersebut jika Anda memilikinya atau biasanya komputer akan melakukannya untuk Anda.
Update Driver USB
  • Solusi lain yang bisa Anda coba adalah dengan mengupdate driver komputer, agar lebih mudah Anda bisa mencoba aplikasi IObit, FnC pernah mengulas aplikasi di sini.

Komputer Mendadak Mati Saat Mouse Dicolokkan

Masalah ini bisa disebabkan oleh dua hal, pertama terjadi konflik antar aplikasi biasanya ditunjukkan dengan gejala berupa matinya komputer saat mouse dicolokkan di semua port. Tapi jika Anda rasa bukan aplikasi yang jadi biang keroknya, mungkin Anda bisa coba cara ini.
  • Masuk ke safe mode dan jalankan fungsi Run dan ketikkan msconfig kemudian tekan enter.
Komputer Mati Saat USB dihubungkan ke PC
  • Pilih menu tab Boot kemudian centang opsi Safe Mode – Minimal, lalu restart komputer dan coba colokkan kembali mouse Anda. Jika tidak ada masalah maka sekarang lakukan langkah seperti solusi kedua masalah pertama di atas. Uninstal driver yang bermasalah dan coba untuk restart.
Boot USB yang Error

Audio Mendadak Mati

  • Masalah ini biasanya kumat-kumatan, terkadang suara muncul tapi lebih sering hilang. Untuk mengatasinya silahkan jalankah fungsi Elevated Command Prompt.
Audio Mendadak Mati karena USB
  • Kemudian ketikkan net stop audiosrv dan tunggu proses ini hingga selesai, setelah itu ketikkan lagi kode perintah net start audiosrv dan selesaikan prosesnya hingga sempurna.
  • Restart komputer Anda dan coba hidupkan multimedia seperti biasa. Lebih baik jika Anda update driver komputer Anda untuk mencegah masalah lain muncul.
Itu tadi 3 masalah di USB komputer yang sering ditemukan beserta solusinya, semoga bermanfaat. Sebagian dari solusi di atas mungkin tidak dapat mengatasi masalah Anda, untuk itu kenali masalah Anda terlebih dahulu agar solusi yang dilakukan tepat sasaran dan membuat system Windows anda sehat kembali.




No comments:

Post a Comment