Sunday, April 28, 2013

Cara Menampilkan Foto Flickr Sebagai Screensaver Komputer


Flickr merupakan salah satu tempat favorit untuk menempatkan foto sekedar untuk sharing atau penyimpanan saja. Layanan milik Yahoo ini sudah memiliki tempat spesial di hati pengguna internet dunia, selain kemudahan Flickr juga tidak membatasi pengguna untuk berbagi foto.

Flickr sebagai screensaver di komputer

Dan ternyata kita juga bisa menjadi foto-foto yang ada di Flickr menjadi screensaver komputer dengan menggunakan aplikasi bernama Flickr .Net Screensaver. Aplikasi ini bersifat gratis atau open source, Anda dapat dengan mudah mengunduh dan menggunakannya tanpa batas. Aplikasi sederhana ini membawa tampilan foto di Flickr ke komputer dalam bentuk screensaver, pengguna tidak hanya dapat menampilkan foto-foto milik mereka namun juga dapat menampilkan foto kontak, grup, favorit dan tag global. Dengan begitu cakupan aplikasi ini akan lebih luas dibandingkan hanya menampilkan foto-foto tertentu saja.

Oke, kita langsung coba bagaimana cara kerja aplikasi ini.
  • Pertama dan utama download dahulu aplikasinya di situs ini: http://www.codeplex.com/FlickrNetScreensaver
  • Kemudian instal di komputer Anda, dan buka Screen Saver Settings, pilih Flickr sebagai screen saver default komputer. Untuk melakukan pengaturan lanjutan, klik tombol Settings…
Menampilkan foto Flickr sebagai screensaver di Laptop dan komputer
  • Ada 5 tab yang seharusnya terlihat di jendela settings, klik tab Pictures untuk mengatur user atau grup yang nanti gambarnya akan ditampilan oleh aplikasi. Klik tombol radio Per User untuk menampilkan foto dari pengguna tertentu, ketikkan nama pengguna misalnya Nama Anda kemudian pilih salah satu dari tombol radio di bawahnya apakah All, Favorites, atau Contacts. Apabila Anda ingin menampilkan gambar dari grup tertentu, maka pilihlah tombol radio Per Group dan ketikkan nama grup yang ada di Flickr. Atau Anda dapat juga menampilkan semua gambar pengguna dengan memilih tomol Everyone. Setelah Anda menentukan pilihan, sekarang beralih ke tab Options.
Konfigurasi Flick sebagai ScreenSaver
  • Pada tab Options, atur tempo pergantian screen saver sesuai keinginan Anda, kemudian atur ukuran gambar pada menu Image Size, centang kotak Fill Screen kemudian pilih metode tampilan pada menu Drawing Method. Setelah dirasa cukup, klik tombol OK untuk menyimpan konfigurasi.
Ingin Flickr sebagai screen saver? Di sini solusinya
  • Nah ini adalah tampilan screen saver yang menggunakan foto Flickr dan Drawing Method: Postcard.
Drawing pada Flickr sebagai ScreenSaver

Untuk mendapatkan gaya tampilan yang lain silahkan ubah Drawing Method sampai Anda mendapatkan tampilan yang sesuai dengan selera Anda. Aplikasi ini tidak berat, tidak akan mempengaruhi performa komputer Anda, silahkan dicoba dan pastikan foto-foto pada flickr digunakan sebagai screensaver dari komputer anda!

No comments:

Post a Comment