Monday, September 28, 2015

16 Alasan Android Lebih Baik Daripada iPhone


Memilih siapa yang terbaik diantara Android dan iOS tentulah sebuah pilihan yang sulit. Masing-masing fans dari Android maupun iOS pastinya akan mengklaim sebagai yang terbaik. Menariknya, kali ini para suporter die hard Android punya 16 alasan mengapa Android pantas disebut lebih baik dari iOS, dalam hal ini diwakili iPhone.
Apple baru saja merilis software terbarunya iOS 9 yang membawa banyak fitur-fitur baru yang menarik, dan juga meluncurkan  duo iPhone 6s dan iPhone 6s Plus yang langsung diserbu saat pemesanan resmi dibuka.
Namun bagi fans Android, meskipun duo iPhone 6s bakal laris manis bak kacang goreng, namun, itu tidak akan menggoyahkan cinta mereka kepada Android. Ada 16 alasan mengapa mereka menganggap ponsel Android lebih baik daripada iPhone. Ini dia alasannya:
Android Alot MicroSD card
1. Slot MicroSD card
Saat Anda membeli iPhone, maka Anda harus menerima besar storage seperti yang Anda pilih. Itu artinya, jika suat saat file-file yang Anda simpan telah melebihi kapasitas penyimpanan iPhone, maka Anda harus melakukan bersih-bersih iPhone ataupun memindah file-file ke cloud storage. Sementara di Android, sebagian besar smartphone Android menyediakan fitur slot MicroSD card untuk memasang kartu memori. Saat internal storage penuh, Anda bisa mengandalkan external storage. Bahkan, Anda bisa menggantinya dengan storage yang lebih besar dengan harga yang tidak mahal.
Android baterai
2. Mudah ganti baterai
Para pengguna iPhone kembali akan dipusing saat harus berhadapan dengan masalah baterai yang telah habis masanya ataupun rusak. Untuk membongkarnya sendiri bukan perkara mudah, karena kompleksitas komponen iPhone yang terkait satu dengan lainnya. Satu-satunya jalan, harus dibawa ke service center dengan ongkos tambahan di luar biaya membeli baterai baru. Berbeda dengan iPhone, saat baterai smartphone Android rusak atau habis masanya, Anda bisa dengan mudah membeli di pasaran. Tanpa mencongkel baterai, tanpa melepas sekrup. Hal ini berlaku di hampir semua ponsel Android yang ada saat ini.
Android remote control
3. Remote control
Selanjutnya agak sedikit gak penting, tapi bagi fans Android ini termasuk kelebihan Android dibanding iPhone. Yaitu adanya kemampuan remote control di sebagian besar ponsel Android karena adanya fitur infrared. Hingga perilisan 2015, fitur ini tidak ditemukan di iPhone.

Android transfer-copy file
4. Transfer/copy file ke komputer
Ponsel Android sangat mudah dipakai untuk mentransfer ataupun copy file ke komputer. Cukup dicolokkan dengan kabel data, maka selanjutnya komputer akan langsung mengenali ponsel Android Anda. Kenyamanan itu tidak dapat Anda jumpai di iPhone, karena Apple tidak memberikan akses ke seluruh file yang Anda simpan di iPhone, semudah akses dari Android ke komputer.
Android file musik
5. File musik lebih bebas
Para penikmat musik akan merasa lebih nyaman saat memakai Android. Karena Android tidak mempermasalahkan asal dari file-file musik yang Anda simpan di ponsel. Semuanya bisa dengan mudah Anda putar di ponsel, baik hasil dari download, copy dari komputer, ataupun dari kiriman teman. Sementara di iOS, Anda diharuskan Apple untuk lebih dulu membuka iTunes agar iPhone bisa Anda isi dengan file musik. Memasukkan musik ke iTunes dari sumber lain bisa dilakukan, tapi jika file-file tersebut sebelumnya telah tersimpan di komputer Anda.
Android charge
6. Charger praktis dengan kabel micro-USB
Mengisi ulang baterai ponsel Android sangat mudah dilakukan, karena bisa juga menggunakan kabel micro-USB yang bukan bawaan ponsel Android Anda. Hal serupa bisa dilakukan pengguna iPhone, karena Apple menggunakan kabel Lightning yang hanya bisa dipakai oleh perangkat Apple.

Android download aplikasi via web
7. Download aplikasi via web
Google Play Store mengizinkan pengguna Android untuk dapat mendownload aplikasi langsung dari Play Store via web yang bisa diakses lewat komputer. Sementara di iOS, jika ingin mencari aplikasi via browser, maka Anda harus membuka iTunes terlebih dulu.
Android Maps
8. Aplikasi Maps lebih lengkap
Aplikasi Maps buatan Apple yang dipakai di iOS tidak sebagus dan selengkap Google Maps yang ada di Android. Selain itu, sekarang pengguna iPhone tidak bisa menggunakan Google Maps sebagai default maps app di iPhone.
Android unlock
9. Pilihan menu unlock lebih banyak
Untuk sistem keamanan, Android lebih beragam. Di sebagian besar perangkat Android, Anda diberikan sejumlah pilihan untuk unlock, seperti passcode, penggunaan pattern, dan pengenalan wajah (face recognition) yang memanfaatkan fungsi kamera depan. Sementara di iPhone, Anda hanya bisaunlock menggunakan sidik jari ataupun passcode.
Android kustomisasi
10. Kustomisasi lebih leluasa
Kustomisasi ponsel Android jauh lebih leluasa dibanding iPhone. Menambahkanwidgets di home screen bukan hal aneh di Android. Play Store juga menyediakan banyak sekali koleksi launcher yang bisa mengubah tampilan ponsel Android, sesuai keinginan penggunanya. Pengguna iPhone tidak bisa merasakan itu semua.
Android home screen
11. Home screen
Android tidak mewajibkan Anda menyimpan semua aplikasi di home screenseperti iPhone. Di Android, home screen hanyalah seperti sebuah sampul buku yang bisa Anda hias seperlunya, tanpa menempatkan semua app icons. Hal ini tidak terjadi di iPhone.

Android multi windows
12. Buka beberapa aplikasi sekaligus dalam window berbeda
Di sejumlah ponsel Android, Anda bahkan bisa membuka dan melihat beberapa aplikasi sekaligus. Sebagai contoh, ponsel buatan LG memiliki kemampuan ini, yakni membuka beberapa aplikasi sekaligus dalam window berbeda (seperti di PC), mengubah transparasi app windows dan bahkan mengatur ukuran besar/kecil windows tersebut. Hal ini tidak bisa dilakukan di iPhone.
Android notifikasi
13. Notifikasi mudah dilihat
Soal notifikasi Android lebih “komunikatif”. Karena di Android, seluruh notifikasi akan ditempatkan di bagian atas screen, sehingga pengguna dengan mudah bisa mengeceknya. Sementara di iPhone, notifikasi muncul di masing-masing app icon, sehingga pengguna harus mengecek satu per satu screen untuk melihat ada tidaknya notifikasi.
Android alarm
14. Alarm dan snooze
Aplikasi alarm di Android mampu memberitahu jumlah jam tidur yang akan Anda lalui, terhitung mulai Anda mengeset alarm. Di iPhone, Anda harus menghitungnya sendiri. Selain itu iPhone juga tidak membolehkan Anda mengatur berapa lama alarm snooze (berhenti sesaat sebelum berdering kembali).
Android emoji
15. Emoji lebih keren
Aktifitas chatting di ponsel kini lebih sering digunakan, ketimbang bertelepon. Kelengkapan emoji pun kini menjadi penting. Nah, alasan kali ini memang lebih berbasis pada opini, karena menurut fans Android, emoji di Android terlihat lebih keren dan imut.
Android read
16. Pesan sudah “Read”
Dan yang terakhir, kambali pendapat yang berbasis opini. Ya, para pengguna iPhone akan selalu mendapat pemberitahuan kapan pesan Anda sudah dibaca oleh si penerima. Sedangkan di Android, hal itu tidak diberikan, karena dalam beberapa kasus justru akan sangat merugikan pengguna.
Well, setelah membaca 16 alasan di atas, bagaimana menurut Anda, apakah memang Android layak disebut lebih baik dari iOS? Silahkan Anda menilainya. 

No comments:

Post a Comment