Saturday, September 19, 2015

3 Trik Sederhana Mengakali Kehabisan Memori di Ponsel Anda


Apapun ponsel yang Anda gunakan, masalah ketersediaan memori akan selalu menghampiri. Entah karena kapasitas memori yang kecil, atau karena Anda “dipaksa” menyimpan lebih banyak data ke dalam ponsel.  Mulai dari update yang selalu muncul dari Google Play, data peta online, game dengan kapasitas besar, aplikasi messaging hingga besarnya file foto dan musik.
Hal ini tentunya membuat ponsel Anda lebih lambat. Penyimpanan yang sangat penuh juga bisa membuat aplikasi yang Anda jalankan tidak berfungsi maksimal. Untuk itu, Anda perlu melakukan treatment khusus dalam mengelola memori. Berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk mengatasi masalah ketersediaan memori.
  1. Membersihkan Memori Internal
2015-09-14_100300
Penyimpanan memori internal umumnya digunakan untuk data aplikasi, data cache, dan data pribadi Anda. Kita bisa mengotrol ketiga penggunaan data tersebut dengan cara menghapus semua data yang tidak benar-benar dibutuhkan. Untuk melakukannya, Anda bisa melakukan cara manual atau dengan bantuan aplikasi. Sebut saja aplikasi “SD Maid” yang berfungsi membantu Anda membersihkan file dan folder yang tidak diinginkan dari perangkat Android.
  1. Gunakan Memori Tambahan
2015-09-14_100340
Anda tentunya sudah banyak tahu, beberapa perangkat Android yang menggunakan desain unibodi kebanyakan tidak dilengkapi slot memori untuk mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan. Untuk mengatasinya, Anda dapat menggunakan USB OTG atau melalui adapter MicroSD.
  1. Maksimalkan Penyimpanan Awan
2015-09-14_100355
Jika file foto dan musik di perangkat Anda membutuhkan kapasitas yang sangat besar, ada baiknya Anda membuat akun penyimpanan awan seperti dropbox atau Google photos. Dengan layanan cloud tersebut, Anda tak perlu menyimpan semua file di dalam ponsel.
Khusus untuk musik, Anda bahkan tidak perlu men-download file ke dalam ponsel. Cukup gunakan aplikasi musik streming seperti Spotify, SoundCloud atau iHeartRadio. Tapi untuk itu, Anda akses internet dengan kuota data yang cukup besar.

No comments:

Post a Comment