Sunday, November 3, 2013

15 Manfaat Kesehatan Makan Buah Apel



Pada tahun 2014 ilmuwan USDA telah menyelidiki lebih dari 100 makanan untuk mengukur kadar antioksidan dalam makanan tersebut. Anti oksidan adalah senyawa yang mampu melawan penyakit.
Para ilmuwan yakin bahwa senyawa ini membantu memperbaiki dan mencegah kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel secara normal. Salah satu makanan yang mengandung antioksidan adalah buah Apel. Buah ini kaya akan serat dan mengandung sekitar 4 gram serat. Serat dalam buah Apel ini disebut pektin yang memberikan manfaat besar bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang terkandung dalam buah Apel:

1. Makan Apel membuat gigi putih dan sehat 
Satu buah Apel tidak bisa menggantikan sikat gigi anda. Namun dengan mengunyah dan buah Apel, merangsang dan memproduksi air liur dalam mulut anda, mengurangi resiko kerusakan gigi dan mengurangi tingkat baktero. 

2. Menghindarkan dari Alzheimer 
Menurut studi terbaru menunjukkan dengan minum jus Apel, bisa menghindarkan dari Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak. 

3. Melindungi Parkinson 
Penelitian menunjukkan orang - orang yang makan buah - buahan dan kaya akan serat, mendapatkan sejumlah perlindungan terhadap Parkinson. Para ilmuwan telah menghubungkan hal ini dengan kekuatan memerangi radikal bebas dari antioksidan yang terkandung di dalamnya. 

4. Mengurangi resiko terkena kanker 
Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research setuju bahwa Apel kaya flavonol yang membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen. Beberapa senyawa yang terdapat pada Apel juga mampu melawan sel kanker hati, usus besar dan payudara. Penelitian sebelumnya mereka menemukan bahwa ekstrak dari apel utuh dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor mammae pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi untuk mengurangi risiko kanker kolorektal. 

5. Mengurangi resiko diabetes 
Wanita yang makan setidaknya satu buah Apel dalam satu hari, adalah 28 persen lebih kecil kemungkinannya terkena penyakit diabetes tipe 2 dari pada mereka yang tidak makan Apel sama sekali. Apel mengandung serat larut, kunci untuk menumpulkan ayunan gula darah. 

6. Mengurangi kolesterol 
Serat larut ditemukan dalam Apel yang mengikat dengan lemak usus yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh anda. 

7. Menyehatkan jantung 
Sebuah badan ekstensif penelitian telah mengaitkan asupan serat larut tinggi dengan penumpukan lambat plak kaya kolesterol di arteri Anda . Senyawa fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol yang masuk ke sistem anda dari memperkuat di dinding arteri Anda . Ketika plak membangun di dalam arteri , mengurangi aliran darah ke jantung Anda, yang menyebabkan penyakit arteri koroner .

8. Mencegah batu empedu
 Batu empedu terbentuk ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam empedu anda dan akan mengeras. Ini akan menyebabkan obesitas. Untuk mencegahnya, para dokter menganjurkan untuk makan makanan yang kaya akan serat. 

9. Menyembuhkan diare dan sembelit 
Apakah anda tidak bisa pergi ke kamar mandi? Atau ada masalah dengan pencernaan anda? Serat dalam buah Apel dapat membantu masalah anda. Serat dapat menarik air keluar dari usus Anda atau menyerap kelebihan air dari kotoran Anda untuk memperlambat perut anda ke bawah. 

10. Menetralisir sindrom iritasi usus besar 
Irritable bowel syndrom ditandai dengan diare, sembelit, sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini dokter menyarankan untuk menghindari makanan berlemak dan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. 

11. Mencegah wasir 
Wasir adalah urat bengkak di anal kanal. Penyebabnya adalah terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Untuk mengendalikannya, serat mampu mencegah dari mengejan terlalu banyak ketika anda pergi ke belakang. 

12. Mengendalikan berat badan anda 
Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan berat badan, mulai dari penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan diabetes tipe 2. Untuk mengelola berat badan anda dokter menyarankan konsumsi makanan kaya serat. 

13. Mendetoksifikasi hati anda
 Jika terus menerus mengkonsumsi racun baik itu racun dari makanan maupun minuman, hati anda akan bekerja dengan berat. Salah satu jalan yang baik untuk membantu mendetoksifikasi hati anda adalah dengan memakan buah Apel. 

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Buah Apel mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru menemukan bahwa kuersetin dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda, terutama ketika Anda sedang stres. 

15. Mencegah katarak 
Orang yang melakukan program diet dengan memakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti Apel adalah 10 sampai dengan 15 persen lebih kecil terkena penyakit katarak. 

Semoga bermanfaat 


Sumber: besthealthmag

No comments:

Post a Comment