Monday, September 15, 2014

Tips Merekam Video yang Baik dengan Android


Selain memotret, merekam video juga merupakan salah satu aktivitas yang tidak bisa dipisahkan di era smartphone saat ini. Hampir semua smartphone Android sudah menyediakan fitur perekaman video, mulai dari video beresolusi rendah hingga video dengan resolusi 4K.
Walaupun kualitas video yang dihasilkan sebagian besar bergantung kepada kualitas kamera smartphone yang digunakannya, namun dengan sedikit teknik sederhana kita bisa meningkatkan kualitas perekaman video meskipun kamera Android yang dimiliki cenderung pas-pasan.
Apa sajakah teknik tersebut? 

Persiapan

Sebelum mulai merekam video, ada baiknya kita melakukan 3 langkah persiapan ini terlebih dahulu agar proses perekaman bisa berjalan dengan lancar.

1. Bersihkan lensa

merekam video bersihkan lensa
Membersihkan lensa bukanlah hal yang lumrah dilakukan untuk kamera pada perangkat Android. Namun sebenarnya ini adalah teknik dasar yang sering dilakukan oleh para fotografer professional sebelum memotret atau merekam video menggunakan kamera DSLR mereka.
Maka dari itu tidak ada salahnya bagi kita untuk mengikuti trik tersebut karena bisa saja lensa kamera smartphone kita terhalang debu atau kotoran. Bersihkanlah dengan kain pembersih kacamata atau jika tidak ada, gunakanlah kain halus atau baju yang sedang digunakan.

2. Charge baterai

Merekam video akan banyak memakan daya baterai, terutama apabila video yang direkam berkualitas HD atau bahkan 4K. Oleh karena itu, pastikan smartphone yang kita gunakan sudah memiliki baterai yang penuh agar smartphone tersebut tidak mati ketika sedang merekam. Jika berpergian ke tempat yang minim sumber daya listrik, ada baiknya kita membawa power bank atau baterai cadangan.

3. Siapkan ruang kosong di memori

Sama seperti baterai, merekam video juga akan cepat menghabiskan kapasitas memori. Maka dari itu, sediakanlah ruang kosong di memori kita agar proses perekaman video tidak terpotong hanya gara-gara kehabisan memori.

Perekaman Video

Setelah melakukan tiga langkah persiapan di atas, kini saatnya kita mulai menerapkan tips-tips dasar untuk mendapatkan video berkualitas baik.

1. Jangan menutupi mikrofon

Ini adalah kesalahan kecil yang sering berakibat fatal. Banyak dari kita yang tidak mengetahui letak mikrofon dari perangkat Android sehingga secara tidak sengaja menutupinya ketika proses perekaman. Maka dari itu, ketahuilah letak mikrofon pada smartphone agar proses perekaman tidak menjadi sia-sia karena tidak ada suara yang terekam.

2. Gunakan dua tangan

merekam video satu tangan
Menggunakan dua tangan ketika merekam video jauh lebih baik dibandingkan dengan satu tangan. Dengan dua tangan kita bisa meminimalisir gerakan dan getaran pada smartphone. Selain itu, smartphone juga lebih mudah digerakan secara halus dengan menggunakan dua tangan.

3. Rekam secara simetris

Meskipun terdengar konyol, namun tidak sedikit dari kita yang merekam video dengan keadaan miring. Video yang miring-miring tentu tidak enak untuk dilihat. Maka dari itu sering-seringlah belajar untuk mempertahankan posisi simetris ketika merekam video agar hasilnya tampak professional.

4. Hindari area yang memiliki kontras tinggi

Berhati-hatilah ketika merekam video di tempat yang terekspos cahaya yang sangat terang dan juga bayangan yang sangat gelap. Smartphone kamu bakal kesulitan menyesuaikannya sehingga terkadang hanya menghasilkan video yang didominasi warna putih atau bahkan gelap sama sekali. Selain itu jika merekam di area tersebut jangan sekali-kali menggerakkan kamera dari area terang ke area gelap karena hasilnya juga akan berantakan.

5. Jangan menggunakan digital zoom

merekam video digital zoom
Digital zoom sama sekali bukan fitur yang bagus dalam perekaman video karena akan menghasilkan gambar yang kurang tajam dan bahkan pecah-pecah. Jika ingin mendapatkan gambar yang lebih jelas, maka lebih baik kita berjalan saja mendekati objek tersebut. Meskipun sedikit merepotkan, namun kualitas yang didapat akan jauh lebih baik ketimbang digital zoom.

6. Bergeraklah dengan halus

Lakukanlah gerakan yang halus dan berhati-hati agar tidak ada goncangan atau perpindahan objek yang terlalu cepat. Bergeraklah dengan lambat hingga menemukan ritme yang pas dengan objek video yang sedang direkam.
Itulah beberapa tips sederhana yang dapat sedikit memperbaiki kualitas video yang kita rekam terlepas dari spesifikasi kamera smartphone yang kita miliki. 

No comments:

Post a Comment