Sunday, June 21, 2015

Tips Memilih Kartu Memori untuk Smartphone


Kartu Memori, atau lebih akrab disebut SD Card merupakan salah satu komponen yang wajib ada di Smartphone, apalagi jika Smartphone tidak memiliki kapasitas penyimpanan yang memadai, maka Kartu Memori sudah menjadi barang wajib tersendiri.
Tapi tahukah kamu, kalau tidak semua Kartu Memori itu memiliki jenis dan performa yang sama. Setiap kartu memori tentu diproduksi oleh vendor yang berbeda-beda, oleh karena itu kamu harus paham disetiap perbedaannya.
Saat ini beredar tiga jenis Kartu Memori yang paling sering digunakan, yaitu:
SD CARD
SD Card berukuran 32 x 24 x 2 mm. Kartu memori yang paling umum digunakan untuk kamera digital namun tidak digunakan pada ponsel atau tablet karena ukurannya yang besar.
MINI SD
Mini SD berukuran 21,5 x 20 x 1,4 mm. Sebelumnya memori jenis ini banyak digunakan pada ponsel namun belakangan sangat jarang digunakan pada ponsel keluaran baru.
MICRO SD
Micro SD berukuran 15 x 11 x 1 mm. Sekarang ini banyak ponsel, tablet dan kamera digital menggunakan kartu memori jenis ini karena ukurannya yang kecil, sehingga lebih praktis dan efisien.
Dari ketiga kandidat diatas, Micro SD menjadi Kartu Memori yang paling banyak digunakan untuk saat ini. Hampir tiap smartphone keluaran terbaru menggunakan Micro SD, mungkin karena ukurannya yang kecil namun dapat menampung ukuran yang besar.
Saat ini ada tiga jenis SD yang beredar, yaitu SD, SDHC, dan SDXC. Apa perbedaannya?
  • SD (Secure Digital), dengan kapasitas penyimpanan maksimal 2 GB dan format file FAT16.
  • SDHC (Secure Digital High Capacity), dengan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB dan format file FAT32.
  • SDXC(Secure Digital Extended Capacity), dengan daya tampung dari 32 GB hingga 2 TB, merupakan spesifikasi baru SD Card versi 3.00 dengan kecepatan tulis hingga 35 Mbps dan kecepatan baca hingga 60 Mbps.
KECEPATAN KARTU MEMORI BERDASARKAN KELAS (CLASS)
  • Kelas 2, kecepatan tulis minimal 2 Mbps
  • Kelas 4, kecepatan tulis minimal 4 Mbps
  • Kelas 6, kecepatan tulis minimal 6 Mbps
  • Kelas 10, kecepatan tulis minimal 10 Mbps
  • Kelas 12, kecepatan tulis minimal 12 Mbps
Biasanya, semakin tinggi Class-nya, maka harganya akan semakin mahal juga.

No comments:

Post a Comment